Rizal Ramli Nilai Penggunaan Dana Pendidikan Tidak Jelas

Rizal Ramli Nilai Penggunaan Dana Pendidikan Tidak Jelas
Rizal Ramli Nilai Penggunaan Dana Pendidikan Tidak Jelas

jpnn.com - JAKARTA – Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, pemerintah harus memprioritaskan kemajuan dunia pendidikan. Sebab, ekonom senior ini mengatakan, generasi muda yang berkualitas akan membawa masa depan bangsa yang cerah.  

Rizal menyatakan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas sehingga mampu mencetak generasi muda yang unggul. Pertama, ujar Rizal, kesejahteraan tenaga pendidik atau guru harus ditingkatkan. 

Sebab, kata dia, hingga kini masih banyak guru yang berpenghasilan di bawah upah minimum. Bahkan,  ada beberapa guru di daerah masih berstatus tenaga kontrak.  

Jika para guru sudah sejahtera maka mereka akan lebih fokus untuk memberikan materi pelajaran kepada para siswa. 

“Karena masalah internal, termasuk urusan ekonominya sudah selesai,” kata Rizal saat diskusi kebangsaan di Universitas Negeri Jakarta, Kamis (27/10).

Rizal menambahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus memperbanyak program kompetisi antarsiswa dan tenaga pendidik. Hal ini menjadi sangat penting supaya ada motivasi dan berani berkompetisi. 

Mungkin, kata dia, bisa diperbanyak program cerdas cermat di kalangan siswa dan juga guru. “Ini untuk memberikan stimulan bagi mereka agar lebih kreatif, berani adu ide dan pemikiran,” ujarnya.

Kedua, Rizal menambahkan, pemerintah juga harus memperbanyak sekolah-sekolah kejuruan. Rizal  mencontohkan Jerman, Skandinavia, dan Swiss bisa menjadi negara maju, karena sejak dini para siswa-siswinya sudah diberikan pendidikan kejuruan sesuai dengan minatnya. 

JAKARTA – Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, pemerintah harus memprioritaskan kemajuan dunia pendidikan. Sebab, ekonom senior ini mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News