Nilai UN, Bali Tertinggi NTT Terpuruk

Nilai UN, Bali Tertinggi NTT Terpuruk
Nilai UN, Bali Tertinggi NTT Terpuruk
JAKARTA - Meskipun persentase kelulusannya menurun, tahun ini nilai ujian nasional (unas) siswa SMA/MA/SMK naik dibandingkan tahun lalu. Jika tahun sebelumnya rata-rata nilai unas mencapai 7,25, tahun ini rata-ratanya sebesar 7,29 atau naik 0,04.

Menurut Mendiknas M. Nuh, kenaikan nilai rata-rata tersebut tidak lepas dari usaha belajar secara keras yang ditempuh para siswa. Kenaikan tersebut terjadi pada sekolah swasta maupun negeri. "Itu bisa berarti di sekolah manapun siswa belajar giat dalam menghadapi unas," ujarnya Sabtu lalu (24/4).

Dari 34 provinsi di Indonesia, nilai rata-rata unas tertinggi dicapai provinsi Bali sebesar 8,08. Tetapi, nilai rata-rata itu masih lebih rendah dibandingkan tahun lalu sebesar 8,14. "Tahun lalu Bali juga meraih nilai rata-rata tertinggi. Alhamdulilah tahun ini bisa dipertahankan," terang Nuh.

Selanjutnya, nilai rata-rata unas tertinggi berikut ditempati provinsi Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Sumatera utara. Di provinsi NTT, nilai rata-rata unas jauh terpuruk dengan menduduki peringkat terakhir dari seluruh provinsi di Indonesia, yakni 5,64.

JAKARTA - Meskipun persentase kelulusannya menurun, tahun ini nilai ujian nasional (unas) siswa SMA/MA/SMK naik dibandingkan tahun lalu. Jika tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News