4 Cara Usir Bau Mulut

4 Cara Usir Bau Mulut
Bau mulut. Foto: Istock

jpnn.com - Memiliki bau mulut dapat terasa sangat mengganggu rasa percaya diri dan kehidupan sosial Anda. Penyebab bau mulut bisa bermacam-macam faktor. Dan, salah satunya adalah karena konsumsi makanan dan minuman yang beraroma menyengat. Bila Anda mengalami hal ini, di bawah ini diuraikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Makanan menyengat bisa berasal dari beragam masakan. Ketika sedang menikmati masakan Italia, misalnya, biasanya akan tercium aroma menyengat dari bawang putih dan bawang bombay.

Aroma bawang memang dikenal sangat menyengat dan bisa bertahan cukup lama di dalam mulut, meski Anda sudah selesai makan.

Hal ini disebabkan makanan yang masuk ke dalam mulut diserap nutrisinya masuk ke dalam peredaran darah. Nutrisi makanan lalu sampai ke bagian paru-paru, di mana sering kali menghasilkan udara yang berbau tak sedap.

Tapi tenang, bau mulut akibat makanan beraroma menyengat bersifat sementara. Anda dapat menerapkan beberapa tips untuk menghilangkan bau tersebut, yaitu:

1. Mengunyah permen karet sugar free

Walaupun hanya dapat mengurangi bau mulut untuk sementara, mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur lebih banyak. Nah, salah satu fungsi air liur adalah membilas rongga mulut sehingga mulut jadi lebih segar. Permen karet sugar free lebih disarankan karena tidak mengandung gula yang lama-kelamaan dapat merusak gigi.

2. Menggunakan mouthwash

Aroma bawang memang dikenal sangat menyengat dan bisa bertahan cukup lama di dalam mulut, meski Anda sudah selesai makan.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News