19,4 Juta Orang Menderita Diabetes, 73 Persen Belum Terdiagnosis

19,4 Juta Orang Menderita Diabetes, 73 Persen Belum Terdiagnosis
Diskusi panel lanskap diabetes besutan Roche dan Diabetes Initiative Indonesiandi Jakarta, Kamis (25/4). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Diabetes adalah salah satu tantangan kesehatan terbesar di dunia saat ini. Federasi Diabetes Internasional memperkirakan 783 juta orang di seluruh dunia akan hidup dengan diabetes pada 2045, di mana 3 dari 4 orang dewasa berasal dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Pada 2021, diperkirakan terdapat lebih dari 19,4 juta orang di Indonesia yang menderita diabetes. Yang mencengangkan lagi, lebih dari 73% di antaranya belum terdiagnosis. 

“Diabetes adalah masalah mendesak dan masih banyak yang harus dilakukan untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan penyandangnya," kata Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia Dr. Roy Panusuan Sibarani dalam diskusi panel lanskap diabetes besutan Roche dan Diabetes Initiative Indonesiandi Jakarta, Kamis (25/4).

Dia menambahkan kerugian langsung akibat diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai hampir 0,4% PDB Indonesia dan mencapai porsi 13,7% total biaya kesehatan di Tanah Air. Angka ini belum lagi menghitung menurunnya produktivitas para penyandangnya.

Mengingat pentingnya dukungan dan eduaksi semua pihak tentang diabetes, Dia senang bisa bermitra dengan Roche Diabetes Care, yang memiliki tujuan yang sama untuk memberikan pemahaman lebih baik tentang manajemen diabetes.

"Kami ingin membekali para penyandang diabetes dan perawat mereka dengan pengetahuan serta cara untuk mengelola kondisi kronis seumur hidup ini dan menjalani hidup sepenuhnya," ucapnya.

Melalui kerja sama ini, PT Roche Indonesia (Roche) dan Diabetes Initiative Indonesia meluncurkan kamp manajemen diabetes bagi penyandang Tipe 1 dan Tipe 2.

Dimulai pada awal tahun 2024, saat ini sudah lebih dari 20 peserta dan perawat telah dibimbing oleh advokat pasien, Anita Sabidi.

Sebanyak 19,4 juta orang menderita Diabetes, tetapi 73 persen ternyata belum terdiagnosis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News