Ada Gelar Sri Paduka Raja untuk Fadli Zon

Ada Gelar Sri Paduka Raja untuk Fadli Zon
Fadli Zon saat menerima penyematan gelar Sri Paduka Raja dari Raja Buleleng Anak Agung Ngurah Ugracena di Singaraja, Jumat (30/3) malam. Foto: istimewa for Radar Bali

jpnn.com, SINGARAJA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memperoleh gelar adat bertitel Sri Paduka Raja dari Puri Agung Singaraja. Penyerahan gelar adat tertinggi dari Puri Agung Singaraja itu diserahkan pada Jumat malam (30/3).

Gelar dari Puri Agung Singaraja untuk wakil ketua umum Partai Gerindra itu sebagai penghargaan atas jasa dan usahanya melestarikan adat, seni budaya, kemanusiaan dan sosial, khususnya di Bali. Salah satunya adalah minat besar Fadli terhadap keris.

Gelar adat untuk Fadli dari Puri Agung Singaraja diserahkan langsung oleh Raja Buleleng Anak Agung Ngurah Ugracena. Prosesi. Penyematan gelar adat disimbolkan dengan pemberian selempang dan pin kebesaran Kerajaan Buleleng beserta sertifikatnya.

Raja Buleleng Anak Agung Ngurah Ugracena mengatakan, pemberian gelar kepada tokoh nasional tersebut dilakukan bertepatan dengan hari jadi Puri Singaraja ke-414. Ulang tahun Puri Singaraja pun bertepatan dengan hari jadi Kota Singaraja.

“Puri Singaraja ini berdiri pada 30 Maret tahun 1604. Ini penting diketahui jika Puri Singaraja ini merupakan kerajaan tua,” ujarnya seperti diberitakan Bali Express.

Anak Agung menjelaskan, penghargaan untuk Fadli sebagau upaya menjaga adat dan budaya bangsa Indonesia.“Kami sangat pantas memberikan apresiasi terhadap tokoh yang sudah berbuat terhadap kelestarian adat dan budaya,” tuturnya.

Sedangkan Fadli mengapresiasi penghargaan itu. “Kami mengucapkan selamat kepada Puri Agung Singaraja atas ulang tahun yang ke-414,” ujar Fadli.

Menurutnya, usia 414 bagi Singaraja merupakan masa yang panjang. Terlebih, katanya, Kerajaan Buleleng merupakan salah satu kerajaan terbesar di Bali.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang dianggap getol melestarikan budaya terutama keris memperoleh gelar Sri Paduka Raja dari Kerajaan Buleleng di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News