Alasan Ilmiah Penyebab Pilek Anda Lama Sembuh

Alasan Ilmiah Penyebab Pilek Anda Lama Sembuh
Ilustrasi logo wanita pilek. Foto: Antara

jpnn.com - Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, bakteri yang hidup di hidung bisa disalahkan jika pilek yang Anda derita tak kunjung sembuh.

Para peneliti mengambil sampel dari 152 hidung orang untuk memeriksa komunitas bakteri yang hidup di sana, alias mikrobioma hidung mereka.

Orang-orang yang hidungnya berisi lebih banyak jenis bakteri tertentu ditemukan memiliki gejala yang lebih buruk dan lebih banyak virus di tubuh mereka setelah jatuh sakit dengan rhinovirus, penyebab umum masuk angin.

"Ada efek pada beban virus dan berapa banyak virus yang Anda simpan dalam sekresi hidung Anda. Jadi latar belakang microbiome, latar belakang pola bakteri di hidung Anda, memiliki pengaruh pada cara Anda bereaksi terhadap virus dan seberapa sakit yang Anda dapatkan," kata penulis studi, Ronald B. Turner, dari University of Virginia School of Medicine, seperti dilansir laman Health.

Para peneliti mengidentifikasi enam dari ember/buckets yang Dr. Turner sebutkan untuk mengklasifikasikan orang dengan bakteri di hidung mereka.

Mereka yang memiliki lebih banyak bakteri Staphylococcus memiliki gejala yang lebih buruk daripada mereka yang memiliki lebih sedikit bakteri staph yang bisa menyebabkan infeksi kulit.

"Apa yang kami laporkan adalah sebuah asosiasi, jadi sangat mungkin bahwa fakta Anda memiliki staph di hidung dan Anda memiliki lebih banyak gejala tidak terkait langsung," jelas Dr. Turner

"Mungkin ada karakteristik yang mendasari yang membuat Anda cenderung memiliki staph di hidung juga membuat Anda lebih cenderung menjadi sakit," tambah Dr. Turner

Menurut sebuah studi baru diterbitkan di jurnal Scientific Reports, bakteri yang hidup di hidung bisa disalahkan jika pilek yang Anda derita tak kunjung sembuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News