Baru 141 Daerah Ajukan Usulan Kebutuhan PNS 2017

Baru 141 Daerah Ajukan Usulan Kebutuhan PNS 2017
Ilustrasi PNS. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah daerah yang membutuhkan PNS baru masih sangat sedikit. Itu tergambar dari usulan kebutuhan CPNS 2017‎ yang masuk lewat e-formasi.

Data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyebutkan, dari 542 daerah, yang mengusulkan baru 141.

Padahal tenggat waktu yang diberikan hanya sampai 31 Mei.

Menurut MenPAN-RB Asman Abnur, daerah yang tidak mengajukan usulan, berarti tidak membutuhkan tambahan pegawai baru.

Hal ini kemungkinan karena tidak semua jabatan yang bakal dibuka.

"Formasi yang akan ditetapkan sesuai usulan. Namun, usulan itu harus sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan seperti tenaga kesehatan, pendidik, penyuluh, penjaga lapas, dan jabatan yang mendukung nawacita‎," kata Asman di Jakarta, Kamis (1/6).

Sesuai PP Manajemen PNS, usulan kebutuhan pegawai sudah harus diajukan setahun sebelum pengadaan. Namun, untuk tahun ini pengajuannya Mei 2017.

Selain itu, daerah-daerah yang sudah mengusulkan kebutuhan pegawai belum tentu juga diberi formasi. Ada ketentuan KemenPAN-RB, daerah yang diberi formasi harus dengan belanja pegawai di bawah 50 persen.

Jumlah daerah yang membutuhkan PNS baru masih sangat sedikit. Itu tergambar dari usulan kebutuhan CPNS 2017‎ yang masuk lewat e-formasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News