Beginilah Konsistensi Bu Mega Perjuangkan Hak Perempuan

Beginilah Konsistensi Bu Mega Perjuangkan Hak Perempuan
Megawati Soekarnoputri saat menjadi pembicara pada seminar Kerja Sama Wilayah ASEAN bertema 'Hentikan Kekerasan Seksual Terhadap Anak-Anak' di Putra Wolrd Trade Centre Kuala Lumpur, Selasa (14/3). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Presiden Republik Indonesia Kelima Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa dirinya akan terus berjuang menghilangkan praktik kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak. Menurutnya, melindungi perempuan dan anak-anak merupakan bentuk perjuangan kemanusiaan.

Megawati mengatakan hal itu saat menjadi pembicara pada seminar Kerja Sama Wilayah ASEAN bertema Hentikan Kekerasan Seksual Terhadap Anak-Anak di Kuala Lumpur, Selasa (14/3/2017). Ketua umum PDI Perjuangan itu mengatakan, anak-anak adalah masa depan, dan kesinambungan kehidupan.

"Demikian pentingnya tugas mempersiapkan masa depan generasi muda kita. Tugas ini bukanlah menjadi tanggung jawab orang tua semata," katanya dalam seminar yang diprakarsasi istri Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, Datin Paduka Seri Rosmah Mansor itu.

Megawati menjelaskan, dalam upaya menghapus kekerasan seksual terhadap anak-anak dan perempuan maka negara harus hadir dengan kebijakan nyata. Salah satunya melalui pendidikan keluarga.

Putri Proklamator RI itu menegaskan, pendidikan keluarga memiliki bobot yang sangat penting guna melahirkan anak-anak yang berkarakter. "Pendidikan keluarga adalah peletak dasar pendidikan budi pekerti," ungkap Megawati.

Lebih lanjut Megawati mengatakan, Indonesia sebagai negara yang merdeka telah memberikan perlakuan yang sama kepada seluruh warganya. Hal itu sudah tertuang dalam UUD 1945 yang menjadi konstitusi RI.

Megawati juga mengatakan, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak terus terjadi. Problem kemiskinan menjadi salah satu penyebabnya.

Di samping itu, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat juga membawa dampak negatif. "Begitu gencarnya ancaman liberalisasi global yang diikuti oleh gencarnya kampanye atas nama seks bebas dan berbagai nilai yang tidak sesuai dengan tradisi dan sistem budaya kita. Hal inilah yang harus diwaspadai," kata Megawati.

Presiden Republik Indonesia Kelima Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa dirinya akan terus berjuang menghilangkan praktik kekerasan terhadap perempuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News