Cari Bibit Cricket Muda Indonesia

Cari Bibit Cricket Muda Indonesia
Ketua Umum PCI Aziz Syamsudin (tengah) saat menutup Liga Mahasiswa Cricket 2016, Kamis (17/3) di Serpong. FOTO: Humas FCI for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Tim putra Banten Jabar Bersatu (BJB) dan tim putri Universitas Negeri Jakarta (UNJ) keluar sebagai juara pertama Liga Cricket Mahasiswa 2016 di lapangan Puspitek Serpong, Tangerang, Banten. Pertandingan final putra dan putri, itu mengakhiri turnamen yang digelar sejak 12 Maret 2016 oleh Persatuan Cricket Indonesia (PCI).

Turnamen yang diikuti 12 tim mahasiswa berbagai universitas di Indonesia itu resmi ditutup Ketua Umum PCI, Aziz Syamsudin.

“Meski belum menjadi cabang olahraga populer di Indonesia, saya cukup bangga turnamen ini memiliki antusiasme yang tinggi di kalangan mahasiswa,” ujar Aziz, Kamis (17/3).

Turnamen ini digelar untuk bibit-bibit emas atlet cricket Indonesia sejak usia muda. Meski baru pertama kali digelar, Liga Mahasiswa Cricket menarik minat banyak mahasiswa. Aziz menginstruksikan pengurus PCI hingga pelatih kepala timnas cricket untuk tidak berhenti dalam mencari pemain-pemain muda potensial.

“Kita harus terus pantau bibit-bibit muda karena ini merupakan aset yang tidak boleh hilang," kata Aziz yang juga politikus Partai Golkar ini.

Pembibitan atlet melalui jalur sekolah dan universitas memang akan terus digalakkan. Selain Liga Mahasiswa, PCI memiliki beberapa agenda lainnya untuk mengadakan turnamen U-15, U-17, U-19, dan tingkat senior.

Menurut Wakil Ketua Umum PCI, Abhiram, PCI telah memonitor beberapa pemain muda yang bisa dipertimbangkan untuk masuk ke dalam program pengembangan atlet muda. Pihaknya memiliki rencana untuk mengembangkan para pemain muda. Salah satunya adalah dari liga mahasiswa. Bahkan, kata dia, sudah ada beberapa pemain yang masuk dalam monitor untuk program pengembangan.

“Kami memiliki jenjang pembinaan mulai dari tingkat usia dini hingga bisa diturunkan di SEA Games, Asian Games, maupun kejuaraan dunia lainnya," katanya.

JAKARTA – Tim putra Banten Jabar Bersatu (BJB) dan tim putri Universitas Negeri Jakarta (UNJ) keluar sebagai juara pertama Liga Cricket Mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News