Selasa, 30 Mei 2017 – 18:08 WIB

Inilah Desa Superkaya, Seluruh Rumah Warga Berlantai Tiga

Sabtu, 20 Mei 2017 – 00:05 WIB
Inilah Desa Superkaya, Seluruh Rumah Warga Berlantai Tiga - JPNN.COM

Rombongan dari Indonesia berkeliling di kompleks permukiman warga Desa Dayingjie, Kota Yuxi, Yunnan, Tiongkok, yang dibangun dari hasil usaha desa. Foto: KOKO KURNIAWAN/JAWA POS

SHARES

jpnn.com - Dayingjie, sebuah desa di Tiongkok. Desa itu superkaya, memiliki 28 unit bisnis dengan total pendapatan CNY 5,44 miliar atau setara Rp 10,8 triliun.

Berikut laporan wartawan Jawa Pos AGUS MUTTAQIN, AGUS DWI PRASETYO, dan KOKO KURNIAWAN dari Dayingjie, Kota Yuxi, Provinsi Yunnan.

---

Desa Dayingjie berlokasi di bagian selatan Kota Yuxi, tetangga Kota Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan. Dari pusat kota berjarak sekitar 100 kilometer dan dapat ditempuh dalam 2,5 jam.

Jalan menuju desa berpenduduk 5.478 jiwa itu relatif mulus. Maklum, mayoritas jalan di Tiongkok berupa jalan tol.

Menuju Dayingjie, kami disuguhi pemandangan eksotis. Di kanan-kiri jalan terbentang perbukitan khas Tiongkok daratan. Tidak terlalu tinggi. Ada pula danau yang biru dari kejauhan.

Perjalanan kami juga melewati Jinnian, kota kelahiran Laksamana Cheng Ho, pelaut muslim Tiongkok yang melakukan ekspedisi hingga Pulau Jawa, Indonesia.

Rombongan sebenarnya ingin mampir di kota yang dihuni Suku He yang mayoritas muslim. Namun, karena rombongan yang dibawa Pemprov Yunnan harus tiba tepat waktu, niat itu belum bisa terwujud.

TAGS   Desa Tiongkok
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini