Kembangkan Varietas Tebu Unggul Untuk Cukupi Stok Gula

Kembangkan Varietas Tebu Unggul Untuk Cukupi Stok Gula
Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (BBPPTP Surabaya) menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Gula PTPN X Jengkol – Kediri dalam hal Pengembangan Varietas Tebu Unggul Harapan, Perbenihan dan Proteksi Tanaman Tebu. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah telah melakukan berbagai upaya yang mendukung peningkatan produksi gula demi memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah dengan membudidayakan tanaman tebu yang sehat dengan produktivitas tinggi.

Untuk mendukung hal ini, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (BBPPTP Surabaya) menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Gula PTPN X Jengkol – Kediri dalam hal Pengembangan Varietas Tebu Unggul Harapan, Perbenihan dan Proteksi Tanaman Tebu.

Nota kesepahaman antara kedua belah pihak telah ditandatangani 3 Januari lalu antara Kepala BBPPTP Surabaya, Ardi Praptono dan Kepala Pusat Penelitian Gula PTPN X, Syahrial Koto.

Maksud dan tujuan dari nota kesepahaman ini adalah untuk mengoptimalksan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak dalam dalam pengembangan varietas tebu unggul harapan.

Termasuk untuk mengoptimalkan perbenihan dan proteksi tanaman tebu sehingga diharapkan bisa tersedianya benih tebu unggul yang adaptif sesuai lingkungan masing-masing secara lebih cepat, lebih efektif dan efisien.

Kedua belah pihak melaksanakan kerjasama dengan ruang lingkup pengembangan varietas tebu unggul harapan, perbenihan dan proteksi tanaman tebu khususnya, baik dalam bentuk koordinasi maupun kegiatan fisik di lapangan sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan.

Dalam kerjasama ini, BBPPTP Surabaya mempunyai kewajiban dalam hal penyediaan tenaga pendampingan, melakukan uji kelayakan dan kesehatan kebun benih varietas tebu harapan yang sedang dikembangkan.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya yang mendukung peningkatan produksi gula demi memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News