Hari Pertama Kerja, Mentan Amran Tancap Gas Cetak 500 Ribu Hektare Sawah di Merauke

Hari Pertama Kerja, Mentan Amran Tancap Gas Cetak 500 Ribu Hektare Sawah di Merauke
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke, Papua Selatan dalam rangka mengawal kegiatan pencetakan sawah di daerah tersebut. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MERAUKE - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman langsung melakukan cetak sawah di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Kegiatan ini merupakan hari pertama kerja setelah libur panjang pada momen Hari Raya Idulfitri 2024.

Di lokasi cetak sawah 500 ribu hektare Papua Selatan tersebut, Mentan Amran bersama jajaran pemda dan para petani setempat bergerak menggarap lahan potensial di Kabupaten Marauke.

"Dulu kami rintis di sini sawah sepuluh ribu hektare dan sekarang produksinya sudah enam ton per hektare, jadi sudah berhasil. Dulu rencana kita kembangkan satu juta hektare dan sekarang kita merintis 500 ribu hektare. Ini kita proyeksikan menjadi lumbung pangan masa depan," kata Mentan Amran dalam keterangan resminya, Selasa (16/4).

Mentan Amran mengatakan potensi pertanian di Kabupaten Merauke sangatlah besar terutama dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya di Indonesia bagian timur.

Apalagi, saat ini hampir semua negara di dunia tengah dilanda El Nino panjang yang membuat produksi mengalami penurunan.

"Potensinya luar biasa. Disini, airnya melimpah. Nah ini kita jadikan kekuatan kita untuk panen. Di saat ini ada El Nino, kemudian krisis pangan dunia ini sangat strategis sehingga insyaallah ke depan kita tingkatkan indeksnya," katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Merauke sendiri dikenal sebagai etalase perdagangan dan transportasi di wilayah Indonesia Timur, wilayah Pasifik dan Rumpun Melanesia.

Kementan memproyeksikan Merauke menjadi lumbung pangan masa depan yang di awali dengan merintis 500 ribu hektare dari rencana satu juta hektare sawah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News