Korut Kembali Uji Coba Senjata Pemusnah Massal

Korut Kembali Uji Coba Senjata Pemusnah Massal
Ledakan nuklir. Ilustrasi/foto: YouTube

jpnn.com, PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengatakan, pihaknya melakukan uji coba senjata taktis baru dengan hulu ledak yang kuat. Dilansir dari BBC pada Kamis (18/4) tes itu menjadi yang terbaru sejak pembicaraan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un berakhir tanpa kesepakatan.

Media Pemerintah Korut memberikan beberapa detil. Namun para pakar mengatakan, Korut tidak mungkin kembali melakukan ke tes rudal jarak jauh yang dipandang sebagai ancaman bagi AS. Ada sedikit kemajuan dalam pembicaraan nuklir sejak KTT terakhir.

Pada bulan Februari, Donald Trump dan Kim Jong Un bertemu di Ibu Kota Vietnam, Hanoi untuk membahas denuklirisasi. Namun diskusi itu gagal. Kedua pemimpin itu pulang ke negaranya masing-masing tanpa ada kesepakatan.

Pekan lalu, Kim mengatakan, Trump harus memiliki sikap yang tepat agar perundingan berlanjut. Menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), uji coba tersebut diawasi oleh Kim sendiri. KCNA melaporkan, uji coba itu dilakukan dalam berbagai mode penembakan pada target yang berbeda.

Menurut para pakar, senjata itu bisa diluncurkan dari darat, laut, atau udara. Kim mengatakan, pembangunan persenjataan sangat penting guna meningkatkan kekuatan tempur Tentara Rakyat. (jpc)


Korea Utara (Korut) mengatakan, pihaknya melakukan uji coba senjata taktis baru dengan hulu ledak yang kuat.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News