NasDem Kerahkan 1,6 Juta Saksi Kawal Suara Jokowi - Ma'ruf

NasDem Kerahkan 1,6 Juta Saksi Kawal Suara Jokowi - Ma'ruf
Partai Nasdem. ILUSTRASI. Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai NasDem menerjunkan 1,6 juta orang saksi untuk mengawal suara Joko Widodo - Ma'ruf Amin beserta anggota legislatifnya.

Ketua Komisi Saksi NasDem I Gusti Putu Artha mengatakan, saksi berkaitan langsung dengan data valid perhitungan suara yang sah bahkan penting fungsinya ketika ada sengketa pemilu.

"Kami menyiapkan sekitar 1,6 juta saksi lebih," ungkap I Gusti dalam keterangan yang diterima, Senin (15/4).

Saksi Partai NasDem tersebar di 809.497 TPS di seluruh Indonesia. Setiap TPS akan dijaga oleh tiga saksi. "Sistem pembiayaan gotong royong para caleg," katanya.

Dalam menjalankan tugasnya, para saksi Partai NasDem sudah diberikan pemahaman dan pelatihan mengenai fungsi di TPS hingga pemungutan suara.

"Saksi dibekali SOP jam per jam hingga rekapitulasi suara di kecamatan. Saksi bekerja H-2 sampai dengan Hari H," tuturnya.

Jika di TPS atau daerah ada kecurangan, maka, saksi NasDem langsung melakukan koordinasi dengan seluruh koordinator di masing-masing kelurahan hingga kecamatan.

"NasDem sudah dibekali per kecamatan sistem pelaporan kecurangan. Badan Advokasi NasDem tiap kabupaten siap merespon dengan secepatnya," tuturnya.

Para saksi Partai NasDem sudah diberikan pemahaman dan pelatihan mengenai fungsi di TPS hingga pemungutan suara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News