Palsukan Dokumen 12 Pemain, Timor Leste Disanksi AFC

Palsukan Dokumen 12 Pemain, Timor Leste Disanksi AFC
Timor Leste kena sanksi tak bisa ikut Piala Asia 2023. Foto: espn

jpnn.com - jpnn.com -The Asian Football Confederation (AFC) telah menjatuhkan sanksi kepada Timor Leste karena telah memalsukan dokumen pemain mereka yang berasal dari Brasil.

Tak tanggung-tanggung, pemalsuan ini bukan hanya untuk satu pemain, namun 12 pemain kelahiran Brasil.

"Hasil penyelidikan telah mengindentifikasi 12 pemain kelahiran Brasil yang didaftarkan ke administrasi AFC, dipalsukan kelahirannya menjadi Timorese," bunyi pernyataan AFC yang dikutip dari ESPN, Jumat (20/1).

Dokumen itu didaftarkan ke administrator AFC untuk menunjukkan bahwa para pemain tersebut bisa membela Timor Leste, dengan alasan orang tua mereka lahir di Timor Leste. Namun setelah diselidiki, dokumen itu palsu.

Dari hasil investigasi itu pula diketahui ada sembilan pemain yang berpartisipasi dalam 29 pertandingan yang berada di bawah yurisdiksi AFC dan tujuh laga berada di bawah yurisdiksi FIFA.

AFC juga memerintahkan Timor Leste dikeluarkan dari partisipasi di Piala Asia 2023 dan dijatuhi denda USD 20 ribu, atau setara dengan Rp 268 juta.

AFC juga menjatuhkan sanksi kepada Sekjen FFTL (PSSI-nya Timor Leste), Amandio de Araujo berupa larangan beraktivitas di sepak bola selama tiga tahun. (adk/jpnn)


The Asian Football Confederation (AFC) telah menjatuhkan sanksi kepada Timor Leste karena telah memalsukan dokumen pemain mereka yang berasal dari


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News