Perayaan HUT RI: Merah Putih Berkibar di Dasar Teluk Kupang

Perayaan HUT RI: Merah Putih Berkibar di Dasar Teluk Kupang
Bendera Merah Putih dan gambar Garuda Pancasila. lustrasi/foto: Sutan Siregar/dok JPG

jpnn.com, KUPANG - Perayaan HUT-RI ke-72, Kamis (17/8) dirayakan spesial oleh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang. Penjaga laut RI di perbatasan dengan RDTL dan Australia itu mengibarkan bendera di dasar laut Teluk Kupang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Dedi Suhendar dengan Komandan Upacara Mayor Laut (E) Fachrudin yang menjabat sebagai Kasatpam Lantamal VII kupang.

Hadir pula stakeholder Kemaritimam, akademisi dan masyarakat yang diundang. Acara ini digelar bekerja sama dengan BKKPN (Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional) dan KDC (Kupang Dive Community).

Sebelum acara pengibaran bendera bawah air didahului transplantasi terumbu karang sebanyak 112 terumbu karang dengan jenis Acrapora, Formosa, Bleaching yang ditanam oleh Komandan Lantamal VII Kupang, Kepala DKP Provinsi NTT, Kepala BKKPN Kupang dan Kepala PSDKP Kupang. Dilanjutkan dengan pelepasan anak penyu atau tukik sebanyak 72 ekor.

Dalam sambutannya, Danlantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Dedi Suhendar mengatakan pelaksanaan upacara pengibaran bendera bawah laut sendiri dimaksudkan selain untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap laut, juga untuk memperkuat soliditas dan kerja bersama dalam rangka menjamin kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Komandan Lantamal VII Kupang meminta pada panitia dan semua peserta untuk melakukan persiapan yang matang mulai dari pemeriksaan tensi darah, pemanasan dan gladi. Hal ini dimaksud agar kegiatan bisa berjalan lancar.

"Namun tentunya sikap hati-hati mutlak diperlukan. Jangan sampai acara itu justru menjadi musibah karena tantangan di tengah laut lebih berat,” ujarnya seperti dilansir Timor Express (Jawa Pos Group).

Upacara pengibaran bendera yang dilakukan tiga prajurit TNI AL itu berlangsung lancar. Bendera merah putih dikibarkan di dasar laut.

Perayaan HUT-RI ke-72, Kamis (17/8) dirayakan spesial oleh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang. Penjaga laut RI di perbatasan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News