Royalti Melimpah, Dapat Beasiswa ke Amerika

Royalti Melimpah, Dapat Beasiswa ke Amerika
Andrea Hirata, si penulis tetralogi Laskar Pelangi, terpilih mendapatkan beasiswa langka ke The University of Iowa, Amaerika Serikat.
Novel para penulis ini meledak di pasaran. Ketika kisah dalam novel mereka difilmkan, juga jadi film yang fenomenal. Salah seorang di antara mereka bahkan mendapatkan tawaran beasiswa langka dari Amerika Serikat.

Novelis beruntung tersebut adalah Andrea Hirata, si penulis tetralogi Laskar Pelangi. Tak tanggung-tanggung, kampus yang memberinya beasiswa adalah The University of Iowa. Disebut beasiswa langka karena Andrea adalah salah seorang di antara 13 penulis di dunia yang memperoleh beasiswa menempuh pendidikan sastra di kampus bergengsi tersebut. "Memang sudah saatnya saya belajar sastra," ungkap Andrea merendah ketika ditemui Jawa Pos di sebuah warung kopi di Pasar Rakyat Negeri Laskar Pelangi, Kampung Linggang, Kecamatan Gantong, Belitung Timur.

 

Hari itu, Sabtu sore (7/8), penampilan Andrea sangat santai. Dia mengenakan topi kulit khas koboi dan berkaus hitam dibalut jaket blue jeans yang dilengkapi emblem di mana-mana. Untuk bagian bawah, dia hanya mengenakan celana pendek hitam dan bersandal jepit.

Sabtu sore hingga malam itu (7/8) merupakan hari tersibuk bagi Andrea dalam beberapa bulan terakhir. Sebab, hari itu dia bersama warga mempersiapkan peresmian sebuah taman bacaan Laskar Pelangi untuk keesokan harinya (8/8) di kampung halamannya tersebut. Taman bacaan yang menyediakan sekitar 300 judul buku itu dia rintis sejak lima tahun lalu. Saat ditemui, wajahnya begitu cerah. Dia bercerita dengan antusias tentang pencapaian itu.

Novel para penulis ini meledak di pasaran. Ketika kisah dalam novel mereka difilmkan, juga jadi film yang fenomenal. Salah seorang di antara mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News