Sempat Tertunda, Penumpang dari Palu - Luwuk Akhirnya Diberangkatkan

Sempat Tertunda, Penumpang dari Palu - Luwuk Akhirnya Diberangkatkan
Pesawat Wings Air. Ilustrasi/Foto jpnn.com

jpnn.com, PALU - Wings Air, member of Lion Air, sempat menunda keberangkatan pesawat yang membawa penumpang dari Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk, Sulawesi Tengah (LUW) ke Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulteng (PLW), dan sebaliknya, Sabtu (15/6).

Pemberangkatan sempat ditunda karena alasan cuaca. Para penumpang akhirnya diberangkatkan pada Minggu (16/6) kemarin.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan layanan penerbangan telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Danang menjelaskan berdasar
pemberitahuan resmi (notam), jarak pandang di Luwuk dan di Palu pada Sabtu (15/6) kurang dari 500 meter akibat dari cuaca buruk (bad weather) sehingga tidak memenuhi kualifikasi standar keselamatan penerbangan. "Kondisi tersebut adalah force majeure atau di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan," jelasnya.

Untuk memastikan keselamatan dan keamanan operasional, Wings Air menunda keberangkatan (postponed) layanan penerbangan. Yakni, penerbangan nomor IW-1147 Luwuk – Palu, keberangkatan pukul 07.45 WITA. Kemudian, penerbangan nomor IW-1157 Luwuk – Palu, keberangkatan pukul 15.15 WITA. Penerbangan nomor IW-1156 Palu – Luwuk, keberangkatan pukul 13.50 WITA. Penerbangan nomor IW-1146 Palu – Luwuk, keberangkatan pukul 15.50 WITA.

“Wings Air telah menyampaikan kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya dan menginformasikan menurut perkembangan terbaru," ujarnya.
Hari ini, Minggu (16/ 6), operasional Wings Air sudah normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan. "Wings Air sudah memberangkatkan seluruh penumpang yang terkena dampak penundaan penerbangan sesuai kota tujuan," kata Danang.

Wings Air senantiasa berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam mendukung setiap pelaksanaan operasional.(boy/jpnn)


Wings Air, member of Lion Air, sempat menunda keberangkatan pesawat yang membawa penumpang dari Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk, Sulawesi Tengah (LUW) ke Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulteng (PLW), dan sebaliknya, Sabtu (15/6).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News