Tiga PTN Sediakan 30 Persen Jalur SNMPTN

Tiga PTN Sediakan 30 Persen Jalur SNMPTN
Siswa-siswi SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Malang, jatim, kompak menurunkan kuota mahasiswa baru dari jalur prestasi atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Ketiganya yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jika tahun lalu menyediakan 40 persen dari total kursi mahasiswa baru, tahun ini tinggal 30 persen.

Penurunan tersebut berdasarkan ketetapan minimal dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Namun, untuk jalur tes tulis atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri, kuotanya beragam.

Untuk kuota minimal SNMPTN adalah 30 persen. Sementara itu, untuk SBMPTN atau disebut jalur ujian tulis adalah minimal 30 persen. Sedangkan, ujian mandiri maksimal 30 persen.

Wakil Rektor 1 UB Prof Dr Ir Kusmartono menyatakan, jumlah mahasiswa yang akan diterima pada jenjang strata satu (S-1) sebanyak 10 ribu orang. Jadi, untuk jalur prestasi nantinya 30 persen atau 3.000 mahasiswa.

Untuk jalur SBMPTN, ada 40 persen atau 4.000 mahasiswa yang diterima. Selanjutnya, 30 persen atau 3.000 mahasiswa bakal diterima pada jalur ujian mandiri.

Jadi, jalur ujian tulis memiliki porsi yang besar dibanding dua jalur lainnya.

Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Malang, jatim, kompak menurunkan kuota mahasiswa baru dari jalur prestasi atau seleksi nasional masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News