SNPMB 2024: Penerimaan Mahasiswa Baru, Sekolah Jangan Lupa Isi PDSS

SNPMB 2024: Penerimaan Mahasiswa Baru, Sekolah Jangan Lupa Isi PDSS
SNPMB 2024 akan segera dimulai. Sekolah pun diminta tidak lupa mengisi PDSS, karena dampaknya besar terhadap siswa. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SNPMB 2024 akan segera dimulai. Sekolah pun diminta tidak lupa mengisi PDSS, karena dampaknya besar terhadap siswa.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia SNPMB 2024 Ganefri menyampaikan sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024 diselenggarakan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur masuk, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan Seleksi Mandiri. 

Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing. 

Ganefri mengungkapkan sejumlah perubahan pada mekanisme SNPMB PTN 2024 bertujuan untuk mendorong peserta didik fokus mengenali bakat, minat, aspirasi karir serta bertanggung jawab terhadap pilihan yang diambilnya.  

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik. 

"Peserta SNBP adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada 2024 yang memiliki prestasi unggul. Adapun prestasi akademik maupun non akademik dari siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik," terang Ganefri dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (8/12).

Dia mengungkapkan kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%. Sekolah akan melakukan pengisian rapor siswa yang layak mengikuti SNBP pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). 

SNPMB 2024, penerimaan mahasiswa baru akan segera dimulai. Sekolah diminta tidak lupa mengisi PDSS, karena dampaknya besar terhadap siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News