Youk Tanzil Buktikan Jalan Trans Papua Itu Ada, Bukan Hoaks!

Youk Tanzil Buktikan Jalan Trans Papua Itu Ada, Bukan Hoaks!
Jelajahi Papua untuk membuktikan jalan trans-Papua itu ada. Foto: dok: Youk Tanzil

jpnn.com, PAPUA - Seorang biker bernama Youk Tanzil memberanikan diri melakukan ekspedisi mengililingi Papua dengan motor, melewati jalur trans-Papua yang berat dan membahayakan.

Youk mengaku melakukan perjalanan ini atas dasar rasa keprihatinan informasi simpang siur soal pembangunan trans-Papua yang dilakukan pemerintah, bahkan tak sedikit yang menganggap trans-Papua cuma hoaks.

Perjalanan Youk mengitari pulau terbesar di Indonesia itu memakan waktu 34 hari—melintasi berbagai kota kecil dengan jarak 3.360 kilometer.

"Tujuan perjalanan saya untuk meluruskan cerita yang selama ini jalan trans-Papua tidak ada, masyarakatnya suka palak, kita bisa dipanah di jalan dan sebagainya. Saya telah melakukan riset selama enam bulan sebelumnya, akhirnya memutuskan untuk pergi bersama seorang kameramen untuk mendokumentasikannya. Akhirnya 4 Agustus kami mulai perjalanan dari Wamena ke Jayapura," kata Youk berbagi kisah beberapa waktu lalu.

Youk mangaku, medan pulau yang besarnya tiga kali lipat Pulau Jawa itu sangat berat, melelahkan, dan menguras emosi. Namun di waktu yang sama, ia disuguhkan pemandangan indah surga kecil di tanah Papua.

"Medan Papua sangat berat, ada jalan aspal mulus, jalan berlumpur, hingga bagian jalan trans-Papua yang masih dikerjakan dengan tingkat kemiringan 45 derajat yang membuat kami sempat takut melintasinya. Namun semua bisa diatasi," ujarnya.

Ia juga bercerita bahwa di Papua sudah ada tol laut dengan kapal yang dilengkapi crane yang menghubungkan masyarakat antarpulau, sehingga interaksi ekonomi berjalan lebih baik. Bahkan motornya juga ikut nyeberang ke beberapa wilayah menggunakan kapal tol laut tersebut.

Ia menceritakan banyak tempat indah di Papua. Riding di sana seperti melintasi padang hijau luas dengan perbukitan bak di Skotlandia. Atau jalan dengan pemandangan sekelas Swiss. Namun ada beberapa wilayah yang sementara dibangun yang masih sulit dilalui kendaraan termasuk motor adventure KTM yang ia gunakan.

Setelah melintasi trans-Papua dengan motornya, Youk mendedikasikan hasil perjalanan dan risetnya kepada pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News