Tim Investigasi Sesalkan Sikap Mahfud MD

Dianggap Terlalu Terbuka ke Publik

Tim Investigasi Sesalkan Sikap Mahfud MD
SESALKAN - Rombongan Tim Investigasi MK di KPK, Rabu (15/12). Foto: Arun/JPNN.
JAKARTA - Mantan Tim Investigasi Mahkamah Konstitusi (MK) menyesalkan sikap Ketua MK, Mahfud MD, yang dinilai terlalu cepat membeberkan laporan tim kepada publik. Mantan penasehat tim, Adnan Buyung Nasution, menyebutkan bahwa isi laporan tim itu (sebenarnya) bersifat investigatif dan baru berisi indikasi-indikasi atau petunjuk awal, tanpa menyebutkan nama orang.

Laporan tersebut menurut Buyung, belum mempunyai kekuatan hukum, sehingga masih perlu ditindaklanjuti oleh KPK. Karena itulah katanya, tim merekomendasikan agar laporan ini disampaikan terlebih dahulu ke KPK. Namun, ternyata Mahfud MD justru terlanjur membukanya ke publik, sebelum ada pemeriksaan atau penyelidikan yang lebih kuat.

"Saya kaget," kata Buyung, Rabu (15/12), di Kantor KPK. Dia mengaku yakin, Mahfud MD sebenarnya bermaksud baik, karena ingin membersihkan MK. Tetapi Buyung menyayangkannya, lantaran hal itu bisa membawa berbagai dampak negatif.

"Orang yang sudah diperiksa jadi mencabut keterangannya. Yang belum pernah diperiksa menyangkal pernah dihubungi," ujarnya. Kondisi ini, kata Buyung, dinilai akan menyulitkan KPK dalam melakukan penyelidikan.

JAKARTA - Mantan Tim Investigasi Mahkamah Konstitusi (MK) menyesalkan sikap Ketua MK, Mahfud MD, yang dinilai terlalu cepat membeberkan laporan tim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News