Kemdiknas Tunggu Kepastian Keamanan Mesir

Terkait Rencana Pengembalian Mahasiswa Indonesia

Kemdiknas Tunggu Kepastian Keamanan Mesir
Kemdiknas Tunggu Kepastian Keamanan Mesir
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) hingga saat ini masih menunggu adanya kepastian kondisi keamanan dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mesir. Menurutnya, hal ini karena berkaitan dengan rencana pengembalian mahasiswa-mahasiswa Indonesia ke Mesir untuk melanjutkan pendidikannya.

"Pemerintah tentu saja akan bertanggung jawab penuh untuk memulangkan mahasiswa kembali ke Mesir. Namun hal itu tidak mudah begitu saja, karena kami masih menunggu kepastian dari pihak Kemenlu. Jika Kemenlu dan KBRI belum menyatakan aman, maka tidak mungkin akan kami kirim ke sana," ungkap Mendiknas di Jakarta, Selasa (15/2).

Mendiknas menjelaskan, untuk sementara ini Kemdiknas juga masih disibukkan dengan proses pendataan mahasiswa yang akan dikirim kembali ke Mesir. Dikatakan, proses pendataan ini bisa dikatakan sangat penting, mengingat pemerintah harus mengurus visa dan tiket mahasiswa yang bersangkutan.

"Mengenai masalah ini, sudah dibicarakan dan dibahas dengan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Bahkan, Dikti juga akan menyiapkan nomor telepon, faksimili dan email bagi mahasiswa yang mau mendaftarkan diri. Semua harus didata, karena  pemerintah harus mengurus visa dan tiketing. Mengurus visa kan memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga kita memerlukan pendataan dengan membuka pendaftaran mahasiswa," paparnya.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) hingga saat ini masih menunggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News