Lagi, Tiga Reaktor Fukushima Meleleh

Lagi, Tiga Reaktor Fukushima Meleleh
Lagi, Tiga Reaktor Fukushima Meleleh
TOKYO - Krisis nuklir di Jepang masih belum berakhir. Masalah muncul silih berganti pada PLTN Fukushima Dai-ichi yang dikelola Tokyo Electic Power Co. (TEPCO) itu. Kemarin (24/5) perusahaan listrik tersebut mengumumkan bahwa tiga batang nuklir pada tiga reaktor meleleh.

 

Sejak gempa dahsyat dan tsunami menghantam PLTN yang terletak di Distrik Futaba tersebut, para pakar sudah memperkirakan bahwa batang nuklir pada enam reaktornya meleleh. TEPCO yang tak pernah membantah prediksi itu memberikan konfirmasinya kemarin.

Lewat jubirnya, Aya Omura, TEPCO menyatakan bahwa tiga batang nuklir itu mulai meleleh tak lama setelah tsunami menerjang.  "Sangat mungkin sebagian (batang nuklir) pada reaktor dua dan tiga meleleh," ungkap jubir perempuan tersebut.

Kemarin, dia mengatakan bahwa batang nuklir sudah mencapai dasar tangki pelindung yang berfungsi meredam radiasi. Akibatnya, air yang sengaja dialirkan ke tangki untuk mendinginkan suhu pada reaktor pun terkontaminasi partikel radioakif.

 

TOKYO - Krisis nuklir di Jepang masih belum berakhir. Masalah muncul silih berganti pada PLTN Fukushima Dai-ichi yang dikelola Tokyo Electic Power

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News