Terancam Bernasib Serupa Iraq

Terancam Bernasib Serupa Iraq
Terancam Bernasib Serupa Iraq
MOAMMAR Kadhafi memang sudah kalah meski belum menyerah. Tetapi, apakah itu berarti Libya bakal memasuki era baru yang lebih baik? Tanda-tanda yang ada justru memperlihatkan sebaliknya: Negeri kaya minyak itu berada di ambang perpecahan dan pertumpahan darah.

Tanda-tanda tersebut terlihat dari "pembangkangan" pasukan pemberontak yang bergerak di lapangan terhadap kepemimpinan Dewan Transisi Nasional (NTC). NTC adalah organisasi yang memayungi kubu anti-Kadhafi dan telah diakui lebih dari 30 negara sebagai pemerintah Libya yang sah. 

Kepada The Independent kemarin, pasukan pemberontak yang menjaga Misrata, kota di sebelah timur Tripoli, misalnya, jelas-jelas menyatakan tak akan mematuhi perintah NTC. Contoh lain yang lebih gamblang tersaji pada 28 Juli lalu.

Abdul Fattah Younes, komandan pasukan pemberontak, tewas secara mengenaskan setelah dibujuk untuk meninggalkan garis depan pertempuran. Sampai sekarang belum jelas pembunuhnya, tetapi bisa dipastikan berasal dari kalangan pemberontak sendiri.

MOAMMAR Kadhafi memang sudah kalah meski belum menyerah. Tetapi, apakah itu berarti Libya bakal memasuki era baru yang lebih baik? Tanda-tanda yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News