Enggan Lepas Aset, PTS Hambat Tumbuhnya PTN di Daerah

Enggan Lepas Aset, PTS Hambat Tumbuhnya PTN di Daerah
Enggan Lepas Aset, PTS Hambat Tumbuhnya PTN di Daerah
JAKARTA —  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan banyak yayasan pengelola perguruan tinggi swasta (PTS) yang tidak rela melepaskan asetnya kepada negara di saat proses penegerian. Menurutnya, sikap keengganan melepaskan aset ini menjadi salah satu penghambat tumbuhnya perguruan tinggi negeri (PTN) di berbagai daerah.

“Ada pemerintah daerah yang ingin memanfaatkan universitas swasta yang sudah ada untuk dikonversi. Tapi kan persyaratannya universitas swasta yang mau dikonversi itu kan harus menyerahkan aset. Tapi jarang ada yang rela sepenuh hati melepaskan asetnya,” jelas Nuh kepada JPNN di Jakarta, Selasa (27/12).

Nuh mencontohkan salah satu universitas swasta yang sudah cukup lama berdiri di Jawa Barat, Universitas Siliwangi. Kata dia, Pemerintah Daerah pun juga semangat dan berharap agar universitas tersebut bisa dialihkan statusnya menjadi PTN. Akan tetapi, yayasan belum bersepakat untuk menyerahkan.

“Jadi di situ sebenarnya menjadi "ujian" si pemilik atau yayasan. Apakah waktu mendirikan yayasannya dulu adalah bagian dari panggilan jiwa? Atau ada unsur kepemilikan? Kalau ada unsur panggilan jiwa maka kan tidak ada rasa memiliki (aset). Sehingga kalau dilepas atau diserahkan ke negara kan tidak apa-apa. Tapi kalau ada unsur "sayang" sebagai pribadi, ya pasti berat melepaskannya. Nah, biasanya hambatannya di situ,” kata Nuh.

JAKARTA —  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan banyak yayasan pengelola perguruan tinggi swasta (PTS)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News