Indonesia Siap Hadapi APEC

Hatta : Pertengahan 2013, Sarana dan Prasarana Selesai

Indonesia Siap Hadapi APEC
Indonesia Siap Hadapi APEC

jpnn.com - JAKARTA – Pertemuan konferensi tingkat tinggi negara-negara kawasan Asia Pasifik (KTT APEC) ke-21 bakal digelar di Bali pada 2013 mendatang. Sebagai tuan rumah, pemerintah telah menyiapkan susunan organisasi kepanitiaan dan tema terkait pertumbuhan ekonomi di wilayah Asia pasifik.

”Kita menetapkan bahwa diperlukan satu tema yang berkaitan dengan Asia Pasifik, ini baru tiga yang muncul. Tentang penguatan dari pertumbuhan Asia Pasifik salah satunya,” ungkap Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta kemarin. Sedangkan untuk susunan organisasi kepanitiaan, even akbar ini dipimpin Menko Perekonomian sebagai Ketua Dewan Pengarah.

Kemudian, Menteri Luar Negeri sebagai Ketua Panitia Substansi, Menteri Sekretaris Negara sebagai Ketua Penyelenggara serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Ketua Pelaksana dan Pariwisata. Menurut Hatta, penyelenggaraan kegiatan ini akan dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah untuk mempromosikan pariwisata yang ada di tanah air.

:TERKAIT ”Kita akan menyelenggarakan side event. Kita akan sebar beberapa daerah (yang memiliki objek pariwisata, Red), sehingga Indonesia akan mendapat manfaat yang besar dalam penyelenggaraan ini, terutama untuk mendorong pariwisata daerah," ujarnya. Selain pariwisata, pertemuan itu juga dapat dimanfaatkan sebagai integrasi ekonomi kawasan bagi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, peningkatan investasi dan ekspor Indonesia, serta mempromosikan potensi perdagangan, investasi, kebudayaan daerah dan nasional.

Hatta juga menjanjikan semua sarana dan prasarana infrastruktur terkait penyelenggaraan KTT seperti perluasan Bandara Ngurah Rai dan pembangunan jalan tol akan selesai pada pertengahan 2013. ”Bandara dan jalan tol itu akan selesai pertengahan 2013.

Masih on the track," kata Ketua Umum DPP PAN tersebut. Sebagaimana diketahui, pemerintah tengah menggenjot pembangunan proyek infrastruktur terkait penyelenggaraan KTT APEC di Bali itu, yakni perluasan Bandara Udara Ngurah Rai, proyek pembangunan jalan tol Benoa-Nusa Dua, dan pelabuhan laut Benoa.

Ada pula proyek Bali Internastional Park (BIP) di kawasan Jimbaran, Kabupaten Badung. Di atas lahan seluas 250 hektare (ha) itu akan dibangun fasilitas gedung pertemuan berstandar internasional dan rumah tinggal 21 kepala negara untuk penyelenggaraan KTT APEC.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menambahkan, tiga alternatif tema penyelenggaraan KTT APEC masih dalam pembahasan dan akan dibicarakan dalam tim pengarah, sebelum dilaporkan kepada presiden.

JAKARTA – Pertemuan konferensi tingkat tinggi negara-negara kawasan Asia Pasifik (KTT APEC) ke-21 bakal digelar di Bali pada 2013 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News