51 Orang Tewas Tiap Hari Karena Narkoba

51 Orang Tewas Tiap Hari Karena Narkoba
51 Orang Tewas Tiap Hari Karena Narkoba
JAMBI--Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi, Kombes Pol, Drs Mohammad Yamin Sumitra, mengatakan, pengedar narkoba lebih sadis daripada teroris. Oleh karenanya, dikatakan dia, seluruh komponen yang ada di provinsi Jambi, harus lebih serius dan harus lebih waspada dalam menangani dan memerangi narkoba. “Dampak dari penggunaan narkoba itu, Dalam satu hari saja, 51 orang yang meninggal di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkannya, belum lagi kasus kematian akibat narkoba yang tidak terungkap, karena ditutup tutupi oleh keluarganya. “Tetapi untuk penanganan narkoba ini tidak seperti penanganan teroris,” ujarnya.

Padahal, dikatakan dia, yang meninggal akibat narkoba ini lebih banyak daripada akibat ulah teroris.  Dari data yang berhasil dihimpun, untuk provinsi Jambi sebanyak 50.420 orang yang terlibat penyelah gunaan narkoba. terifeksi HIV/AIDS sebanyak, 555 orang. Dikatakan Yamin, dari data tersebut, apabila rata-rata tiap bulan menghabiskan uang sebesar Rp 500 ribu maka, dalam satu tahun sekitar Rp 3.252.0000000. Berarti, uang yang sia-sia digunakan untuk membeli narkoba sangatlah banyak.

“Coba uang tersebut untuk membangun infrastruktur atau membangun yang lainnya. Ditambah lagi berapa dana yang di keluarkan pemerintah dan keluarga untuk mengobati, merehabilitasi, pasca rehabilitasi, P4GN, serta biaya pemakaman yang rata-rata sehari meningal dunia akibat narkoba sebanyak 51 orang. Ditambah lagi yang terkena HIV/AIDS,” kata Yamin.

JAMBI--Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi, Kombes Pol, Drs Mohammad Yamin Sumitra, mengatakan, pengedar narkoba lebih sadis daripada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News