Kuliah di ITB Rp20 Juta per Tahun

Kuliah di ITB Rp20 Juta per Tahun
Kuliah di ITB Rp20 Juta per Tahun
JAKARTA - Para orang tua yang anaknya pintar tapi uang cekak, barangkali mengelus dada. Bagaimana tidak, untuk bisa kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), uang kuliah per tahunnya mencapai Rp20 juta. Dengan kata lain, untuk kuliah di PTN vaforit itu per semesternya harus merogoh Rp10 juta. Ini belum termasuk uang yang harus dibayar saat pertama kali masuk, yang mencapai Rp55 juta.

Rektor ITB, Prof Akhmaloka, saat dihubungi JPNN menjelaskan, besaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ITB yang berasal dari sumbangan orang tua hanya sebesar 20 persen hingga 25 persen dari seluruh biaya operasional ITB.

Dengan alasan itulah, kekurangannya yang mencapai 75 persen, harus ditarik dari mahasiswa. "Kami sudah mematok harga bahwa biaya pendidikan di ITB sebesar Rp20 juta per tahun per mahasiswa untuk semua jurusan," ujar Akhmaloka.

Namun dia menjelaskan, biaya sebesar itu tidak untuk semua mahasiswa. Bagi yang miskin, katanya, di bawah angka itu. "Tapi ada juga mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh sehingga tidak perlu keluar biaya sedikitpun. Ada juga yang hanya Rp5 juta per tahun," imbuhnya.

JAKARTA - Para orang tua yang anaknya pintar tapi uang cekak, barangkali mengelus dada. Bagaimana tidak, untuk bisa kuliah di Institut Teknologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News