Fosil Ular Raksasa Ditemukan di Kolombia

Fosil Ular Raksasa Ditemukan di Kolombia
Fosil Ular Raksasa Ditemukan di Kolombia
FLORIDA—Sekelompok ilmuan menemukan fosil ular raksasa di Kolombia yang diklaim sebagai fosil ular terbesar yang pernah ditemukan. Fosil ular ini dinamai Titanoboa, yang memiliki panjang 14 meter dengan berat lebih dari satu ton.

"Dalam hayal terliar anda tak pernah terbesit anda menemukan (ular) Boa, sepanjang 14 meter. Ular terbesar hari ini hanya setengah dari ukuran ini,’’ ujar  Dr Carlos Jaramillo, seorang ilmuan  dari Smithsonian Tropical Research Institute yang terlibat dalam penemuan itu sebagaimana dikutib BBC, Selasa (3/4).

Saking besarnya ular  yang dipercaya hidup 58 juta tahun lalu, mampu dengan mudah menelan buaya dewasa. Fosil ini sendiri ditemukan di sebuah tambang batu bara terbuka di Cerrejon, wilayah utara Colombia. Dalam penggalian itu tak hanya ular yang ditemukan, sejumlah satwa tropis  dalam ukuran raksasa yang ditaksir berasal dari era Palaeocene.

‘’Apa yang kami temukan adalah sebuah reptli raksasa yang telah hilang. Kura-kura sebesar meja dapur dan buaya terbesar  dalam sejarah fosil,’’ kata Jonathan Bloch, seorang ahli evolusi hewan vertebrata  dari University of Florida. "Setelah kepunahan dinosaurus,  hewan ini, Titanoboa, adalah pemangsa terbesar di atas planet ini 10 juta tahun terakhir,’’ tambahnya.

FLORIDA—Sekelompok ilmuan menemukan fosil ular raksasa di Kolombia yang diklaim sebagai fosil ular terbesar yang pernah ditemukan. Fosil ular

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News