Jumat, 25 Juli 2014 | 20:41:37
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / De Rossi Ogah Permanen di Bek Tengah

Minggu, 10 Juni 2012 , 19:00:00

BERITA TERKAIT

RENCANA allenatore Italia Cesare Prandelli mengusung skema baru 3-5-2 mengundang keraguan. Salah satunya karena kebutuhan pemain belakang yang kurang memadai. Kendati cedera Andrea Barzagli membaik, Prandelli kemungkinan tidak akan mengambil risiko menurunkan pemain Juventus tersebut.
 
Dalam beberapa latihan terakhir, gelandang Daniele De Rossi dijajal sebagai bek tengah menemani Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Kans De Rossi dimainkan lebih ke belakang dari posisi aslinya itu pun terbuka mengacu pernyataan dari pemain AS Roma itu.
 
"Kemungkinannya 99,9 persen saya akan bermain sebagai bek tengah menghadapi Spanyol," ucapnya kepada Mediaset.
 
"Saya selalu berusaha menyesuaikan diri dengan taktik pelatih dan saya pikir tidak ada salahnya mengikuti taktik baru yang dijalankan tim. Kalau Anda ingin berperan dalam kejuaraan besar seperti Piala Eropa atau Piala Dunia, Anda harus bisa beradaptasi dengan baik," sambung pemain 28 tahun tersebut.
 
De Rossi memang tidak akan kagok bermain lebih belakang. Musim lalu, pemain 28 tahun itu beberapa kali dimainkan sebagai bek tengah oleh pelatih Luis Enrique. Hanya, peran yang akan dimainkannya saat menghadapi Spanyol mungkin berbeda.
 
Sebab, De Rossi lebih berfungsi sebagai pemain ekstra di depan dua bek tengah lainnya dibandingkan sebagai sweeper. "Saya tidak sepenuhnya bertahan karena saya akan menjadi penghubung antara lini pertahanan dengan lini tengah," jelas pemilik 72 caps dan 10 gol itu.
 
Beberapa hari sebelumnya, Chiellini menilai De Rossi memiliki kemampuan bertahan yang lumayan. "Kami siap bermain dengan tiga bek dan De Rossi sudah menunjukkan jika dia tahu apa yang harus dilakukan. De Rossi juga bermain bagus di belakang ketika Roma menghadapi Juventus di awal musim lalu," tutur defender Juventus itu.
 
Sekalipun dipuji Chiellini mampu bermain bagus sebagai pemain belakang, De Rossi menepis kemungkinan dirinya akan mematenkan posisi baru itu dalam karirnya ke depan. "Saya tahu saya memiliki masa depan dengan posisi baru itu. Tapi, saya menilai diri saya hanya akan menjadi pemain belakang dalam situasi darurat saja," tutur pemain terbaik Italia 2009 itu. (dns/bas)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar