Sabtu, 05 September 2015 | 10:45:33

Sabtu, 30 Juni 2012 , 09:33:00

BERITA TERKAIT

BEIJING – Tiongkok kembali mencatat prestasi. Kemarin (29/6) Shenzhou-9 berhasil menuntaskan misi 13 harinya di luar angkasa. Pesawat ulang-alik yang mengangkut tiga awak, termasuk seorang astronot perempuan, itu mendarat di Inner Mongolia pada pukul 10.05 waktu setempat (sekitar pukul 09.05 WIB).

Stasiun televisi nasional CCTV menayangkan langsung detik-detik pendaratan Shenzhou-9 kemarin. Sebelum mendarat sempurna di lapangan berumput, tampak sebuah parasut besar terkembang di belakang pesawat ulang-alik berawak pertama Tiongkok itu. Sekitar sejam kemudian, tiga astronot yang mengawaki Shenzhou-9 keluar dari kapsul sambil tersenyum.

Jing Haipeng menjadi astronot pertama yang keluar dari pesawat ulang-alik tersebut. Beberapa menit kemudian, dua rekannya menyusul. Liu Yang, sang astronot perempuan, menjadi astronot terakhir yang meninggalkan Shenzhou-9, tepat di belakang Liu Wang. Dari lokasi pendaratan Shenzhou-9, ketiganya menumpang kursi roda menuju lokasi pemeriksaan kesehatan.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi pemeriksaan kesehatan, Jing dan duo Liu terus melambaikan tangan dan tersenyum. Sesekali, mereka saling bincang dan bercanda. Sesuai dengan prosedur, tiga astronot yang baru menuntaskan misi mereka itu wajib menjalani tes kesehatan. Sedangkan para teknisi langsung mengecek kondisi pesawat ulang-alik yang baru mendarat sekaligus mendorongnya menuju hanggar.

”Tiangong 1, rumah kami di luar angkasa sana, adalah sebuah tempat yang sangat nyaman dan menyenangkan. Semua itu membuat kami bangga pada bangsa ini,” kata Liu Yang, astronot hawa pertama Tiongkok yang bertualang ke luar angkasa. Perempuan 33 tahun itu terlihat sehat dan ceria. Dia juga mengaku mendapatkan banyak pengalaman berharga dalam perjalanan antariksa perdananya tersebut.

Jenderal Chang Wanchuan, pimpinan program luar angkasa Tiongkok, menyambut langsung kedatangan tiga kru Shenzhou-9 kemarin. ”Misi berhasil sepenuhnya,” tandasnya.

Dia juga lega karena tiga astronot yang mengharumkan nama Tiongkok itu kembali ke bumi dalam kondisi sehat. Perdana Menteri (PM) Wen Jiabao pun menyebut misi Shenzhou-9 itu sebagai terobosan penting bagi Tiongkok. (AP/AFP/BBC/hep/c10/ami)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar