Standar Pemberian Obat ARV Bagi Penderita AIDS Ditingkatkan

Standar Pemberian Obat ARV Bagi Penderita AIDS Ditingkatkan
Standar Pemberian Obat ARV Bagi Penderita AIDS Ditingkatkan
JAKARTA - Dunia medis Indonesia saat ini sedang mengkaji perubahan standar pemberian obat antiretroviral (ARV) bagi penderita HIV-AIDS. Selama ini, ARV diberikan kepada masyarakat positif HIV-AIDS dengan kondisi sel CD4 kurang dari 350 sel/mm3. Saat ini ketentuan tersebut sedang dikaji untuk ditingkat menjadi CD4 kurang dari 500 sel/mm3.

Peningkatan standar tersebut merujuk pada sistem yang sudah dijalankan di negara-negara maju, seperti di Amerika Serikat. Di negeri paman Sam itu, pemberian ARV sudah dijalankan kepada masyarakat positif HIV-AIDS dan CD4 kurang dari 500 sel/mm3.

"Arah kita memang ke situ, tetapi masih menunggu perkembangan lebih lanjut," kata Ketua Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI) Prod Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, FACP di Jakarta kemarin (30/6).

Peningkatakan standar CD4 sebagai rujukan pemberian obat ARV kepada masyarakat positif HIV-AIDS itu bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, semakin besar tingkat SD4 seseorang, maka semakin baik tingkat kekebalan tubuhnya.

JAKARTA - Dunia medis Indonesia saat ini sedang mengkaji perubahan standar pemberian obat antiretroviral (ARV) bagi penderita HIV-AIDS. Selama ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News