Sabtu, 20 September 2014 | 02:55:12
Home / Nasional / Waspadai Fenomena Hujan Deras Akibat Siklon Tropis Vicente

Rabu, 25 Juli 2012 , 01:52:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan fenomena hujan deras disertai badai di beberapa daerah di utara ekuator Indonesia, dipengaruhi Siklon Tropis Vicente yang ada di Laut Cina Selatan.

"Lokasinya sekitar 21.1LU, 114.2BT, atau sekitar 2010 kilometer sebelah utara timur laut Natuna. Dampak Siklon Tropis Vicente ini harus diwaspadai," kata Sutopo, Selasa (24/7) malam.

Di antara dampak siklon tropis vicente ini yakni terjadinya hujan dengan intensitas ringan, sedang dan tinggi di wilayah Sumatera bagian utara dan barat. Gelombang air laut bisa mencapai ketinggian 3 - 4 meter.

"Gelombang tinggi ini berpeluang terjadi di Perairan Sabang - Banda Aceh, Perairan Utara Aceh. Gelombang dengan ketinggian 4 - 5 meter berpeluang terjadi di Laut Cina Selatan bagian Utara," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan terjadi banjir bandang di Kota Padang, Sumatera Barat sekitar pukul 18.30 WIB tadi. Banjir itu terjadi setelah hujan deras mengguyur Kota Padang selama 3 jam.

Dari peristiwa ini juga dilaporkan 8 orang hilang. Satu unit rumah hanyut dan sejumlah kerugian lain masih didata di daerah Lubuk Begalung. Tim dari BPBD Sumbar, TNI dan Polri sampai malam ini masih melakukan penanggulangan darurat di lapangan. (fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar