Rabu, 03 September 2014 | 09:11:31
Home / Internasional / Timur Tengah / Gempa Guncang Iran, 180 Warga Tewas

Minggu, 12 Agustus 2012 , 11:51:00

BERITA TERKAIT

TEHERAN—Dua gempa kuat  mengguncang  kota Tabriz, Varzaghan  dan Ahar di provinsi Azerbaizani wilayah  barat laut Iran, Sabtu (11/8) malam waktu setempat.

Seperti dilansir kantor berita Reuters,  Khalil Sa’ie dari pemerintah provinsi setempat mencatat hingga  kini terdata 180 warga tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

"Gempa itu begitu kuat bahwa orang membanjiri jalan-jalan karena takut,’’ ujar warga Kota Varzaghan seperti dikutip kantor berita Fars.

Saat ini jumlah khorban dikhawatirkan bisa bertambah mengingat banyaknya bangunan yang roboh akibat guncangan gempa. Di Varzaghan dan Ahar  210 warga berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan.

"Karena beberapa orang berada dalam kondisi kritis dan petugas penyelamat masih berusaha untuk menyelamatkan orang dari bawah reruntuhan, mungkin untuk jumlah korban meningkat,’’ ujar Bahram Samadirad, petugas provinsi setempat seperti dikutip kantor berita Irna.

Sebelumnya badan pemantau aktifitas geologi Amerika The U.S. Geological Survey (USGS) mencatat gempa pertama memiliki kekuatan 6,4 SR pada kedalaman 9,9  kilometer. Sementara gempa kedua ditaksir berkekkuatan 6.3 SR pada kedalaman yang hampir sama beberapa menit kemudian .

Ini menambah panjang daftar gempa yang kerap terjadi di Iran mengingat negara pimpinan Mahmoud Ahmadinejad ini berada di kawasan rawan gempa. Tahun 2003 lalu gempa  6.6 sr yang melanda Iran menyebabkan sekitar 25 ribu warga meninggal dunia.(zul/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar