Majalah TIME Diguncang Skandal Plagiat

Majalah TIME Diguncang Skandal Plagiat
Fareed Zakaria. Foto : Telegraph
NEW YORK - Majalah Time diguncang skandal plagiarism. Jurnalis tenar Time yang juga penyiar stasiun TV Amerika Serikat CNN, Fareed Zakaria untuk sementara waktu dibebas-tugaskan dari pekerjaannya setelah mengaku telah menjiplak sebuah artikel mengenai pengawasan peredaran senjata yang diterbitkan majalah pesaing mereka.

“Media telah menunjukkan bahwa beberapa paragraph di kolom Time minggu ini sangat mirip dengan paragraf dalam essay yang ditulis Jill Lepore dalam Majalah The New Yorker edisi tanggal 23 April. Mereka benar. Saya membuat kesalahan yang sangat fatal,” kata Zakaria dalam suatu pernyataan yang dikutip AFP Sabtu (11/8).

“Ini adalah kecerobohan serius yang sepenuhnya merupakan salah saya. Saya meminta maaf yang tulus darinya, dari para editor di Time dan para pembaca saya,” ucapnya. 

Ali Zelenko, seorang juru bicara untuk majalah Time, Jumat (10/8), mengatakan bahwa permintaan maaf Zakaria telah diterima. Namun dia menegaskan, tindakan Zakaria telah melanggar standar para penulis kolom yang mengharuskan hasil karya mereka bersifat tidak hanya faktual tapi juga original. Syarat lainnya, pandangan penulis kolom harus berasal dari pemikiran sendiri dengan kata-kata mereka sendiri pula.

NEW YORK - Majalah Time diguncang skandal plagiarism. Jurnalis tenar Time yang juga penyiar stasiun TV Amerika Serikat CNN, Fareed Zakaria untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News