Sabtu, 26 Juli 2014 | 18:09:42
Home / Olahraga / All Sport / Valverde Menang Foto Finis

Selasa, 21 Agustus 2012 , 18:25:00

BERITA TERKAIT

EIBAR - Sengitnya persaingan para calon juara Vuelta a Espana tergambar jelas di akhir etape ketiga. Di etape yang menempuh jarak 155,3 km dari Faustino V ke Arrate di Eibar, empat pembalap unggulan bersaing ketat jadi yang terdepan. Bahkan, pertarungan di garis finis harus ditentukan melalui foto finis.

Persaingan tersebut dimenangkan oleh pembalap Movistar, Alejandro Valverde. Berdasar foto finis, dia hanya unggul beberapa centimeter saja dari Joaquim Rodriguez (Katusha). Kedua pembalap, bersama Cristopher Froome (Sky) dan Alberto Contador (Saxo Bank-Tinkoff Bank) masuk finis dengan catatan waktu 3 jam 49 menit 37 detik.

Empat pembalap itu sudah bersaing ketat saat lomba menyisakan 3 km. Mereka keluar dari tanjakan terakhir dengan bergantian sebagai pimpinan lomba. Hingga, di 400 meter terakhir Rodriguez dan Valverde berebut jadi yang terdepan.

Awalnya Rodriguez sudah yakin akan meraih kemenangan. Hanya beberapa meter dari finis Valverde menambah kecepatannya. Papan di atas garis finis pun sudah telanjur memasang nama Rodriguez sebagai pemenang.

"Sejak awal hingga akhir saya menjalani lomba dengan nervous. Tapi, tim bekerja dengan baik. Saya pun memiliki keyakinan untuk berbuat banyak di akhir," ungkap Valverde.

Hasil di etape ketiga pun membuat perombakan besar di papan atas general classification. Valverde mengambil alih puncak dan berhak mengenakan red jersey yang sebelumnya dimiliki rekan setimnya Jonathan Castroviejo. Patut diketahui, pemenang etape mendapatkan bonus waktu 12 detik turut membuat Valverde kini kukuh di puncak.

Peringkat kedua masih diduduki pembalap Movistar lainnya, yaitu Bernard Intxausti. Dia tertinggal 18 detik dari Valverde. Posisi berikutnya ditempati beruntun oleh Rodriguez, Froome dan Contador.

Di etape pertama, tim Movistar menunjukkan kekompakannya dengan menjadi yang tercepat di team time trial (TTT). Dengan mencatatkan waktu 18 menit 51 detik saat melintasi rute 16,5 km di Pamplona, mereka unggul sepuluh detik dari tiga pesaing yaitu Omega Pharma-Quick Step, Rabobank dan BMC.

Melalui kemenangan itu pula, enam pembalap Movistar jadi yang teratas di general classification. Di posisi keenam, juara bertahan Juan Jose Cobo berada di posisi keenam, ketinggalan 4 detik dari lima rekannya yang lain. Sementara Castroviejo berada di posisi teratas.

Posisi enam besar tak berubah hingga etape kedua. Pada etape 181,4 km dari Pamplona ke Viana itu, pembalap Argos-Shimano John Degenkolb jadi pemenangnya. Dia memenangkan adu sprint melawan Allan Davis (Orica-GreenEdge) dan Ben Swift (Sky). (ady)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar