Iran Pamerkan Pesawat Pengintai Tahun Depan

Iran Pamerkan Pesawat Pengintai Tahun Depan
Iran Pamerkan Pesawat Pengintai Tahun Depan
TEHERAN - Di tengah kuatnya tekanan dan kecaman internasional atas program nuklirnya, Iran tidak berhenti untuk mengembangkan teknologi persenjataannya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Negeri Para Mullah tersebut memiliki pesawat pengintai (mata-mata) tanpa awak buatan sendiri yang mampu terbang di udara.

 

Sejumlah media, termasuk koran konservatif Resalat, memberitakan kemarin (4/11) bahwa Teheran telah berhasil menyelesaikan pembuatan pesawat pengintai yang mampu terbang dan mendarat secara vertikal atau vertical take-off and landing (VTOL). Dengan kata lain, pesawat itu tidak butuh landasan pacu untuk terbang. Rencananya, pesawat canggih tanpa awak itu dipamerkan Februari tahun depan.

 

Resalat juga mengutip keterangan Abbas Jam, direktur proyek itu, bahwa pesawat tersebut bahkan mampu terbang tanpa suara. Teknologinya diadopsi dan dikembangkan dari pesawat pengintai buatan Barat.

 

Awal Oktober lalu, Iran mengklaim telah mendapatkan sejumlah gambar rahasia perihal pangkalan militer Israel. Gambar-gambar itu diambil lewat pesawat pengintai yang diluncurkan oleh kelompok Hizbullah di Lebanon. Pesawat tersebut kemudian ditembak jatuh militer Israel.

 

TEHERAN - Di tengah kuatnya tekanan dan kecaman internasional atas program nuklirnya, Iran tidak berhenti untuk mengembangkan teknologi persenjataannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News