Jumat, 22 Agustus 2014 | 16:51:12
Home / Berita Daerah / NTB / Mataram Butuh 20 Ribu Rumah Layak Huni

Sabtu, 06 April 2013 , 08:56:00

BERITA TERKAIT

MATARAM--Penduduk Kota Mataram saat ini sudah mencapai 400 ribu lebih. Ada 100 ribu lebih rumah yang dimiliki warga ibukota NTB ini. Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh, mengatakan, baru ada 80 ribu rumah yang masuk kategori layak huni. "Sisanya ada 20 rumah layak huni yang kita butuhkan," katanya.

Disebutkan, kekurangan rumah layak huni ini yang membuat pemerintah terus berikhtiar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mengandalkan anggaran dari daerah provinsi maupun pusat. "Harapannya secepatnya bisa terpenuhi kebutuhan rumah masyarakat kita," sambungnya.

Salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan rumah layak, kata orang nomor satu di Kota Mataram ini, dengan pembangunan rumah susu sederhana sewa di kawasan Turida. Kota Mataram mendapat bantuan dua twin block. Sebelumnya, sudah dibangun satu twin block rusunawa di Selagalas. "Yang di Selagalas itu memiliki lebih 90 kamar," terangnya.

Ditambahkan, bila pembangunan rusunawa di Turida rampung, kebutuhan rumah warga bisa terpenuhi sebagian. Belum lagi ditambah bantuah rehab rumah maupun bedah rumah yang akan dilakukan. "Tahun ini percepatan pembangunan bisa kita lakukan," tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Mataram, Syaiful Mukmin, mengatakan, tahun lalu seribu rumah tidak layak huni sudah direhab oleh pemerintah. Kategori rumah yang direhab tersebut, lantai, atap, dan dindingnya tidak layak. "Masih layak saja, belum masuk kategori rumah sehat," katanya.

Rumah dikatakan sehat, sambungnya, memiliki ventilasi, kamar mandi, pembuangan limbah, dan kebutuhan air bersih yang cukup. Namun, yang diutamakan pemerintah saat ini pemenuhan kebutuhan rumah layak. "Masih ada yang atapnya bocor, lantai dan dinding tidak sesuai. Itu dahulu kita sasar," sambungnya. (feb)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar