May Day Dimeriahkan Pawai Simpatik Sampai Bentrokan

May Day Dimeriahkan Pawai Simpatik Sampai Bentrokan
May Day Dimeriahkan Pawai Simpatik Sampai Bentrokan
DUNIA memperingati Hari Buruh Internasional alias May Day dengan berbagai aktivitas, Rabu (1/5). Mulai unjuk rasa damai, pawai simpatik, sampai bentrokan antara kelompok buruh dan aparat. Kali ini, 80 negara menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Sesuai dengan tradisi, serikat buruh di Rusia pun memperingati May Day dengan aksi turun ke jalan. Kemarin sekelompok buruh di Kota Moskow merayakan hari yang identik dengan unjuk rasa tersebut secara berbeda. Mereka bermain musik dan menari di jalanan ibu kota. ’’Semoga Tuhan mengizinkan saya untuk bisa terus bekerja dan perusahaan tidak mendepak saya karena saya tua,’’ kata Stepanida.

Buruh perempuan yang meramaikan aksi damai itu berharap kelompok buruh di seluruh belahan dunia bisa menyampaikan aspirasi mereka dengan kepala dingin. ’’Saya berdoa untuk kebaikan dan perdamaian negara ini serta seluruh negara di dunia,’’ lanjutnya.

Di Rusia, pemerintah menetapkan dua hari libur nasional terkait dengan peringatan May Day. Karena itu, sebagian besar buruh pun memanfaatkan hari libur tersebut untuk bertamasya.

DUNIA memperingati Hari Buruh Internasional alias May Day dengan berbagai aktivitas, Rabu (1/5). Mulai unjuk rasa damai, pawai simpatik, sampai bentrokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News