Minggu, 21 Desember 2014 | 02:27:34
Home / Lifestyle / Pancaroba, Jumlah Anak Sakit Meningkat

Senin, 06 Mei 2013 , 04:15:00

BERITA TERKAIT

JAMBI – Memasuki musim pancaroba, jumlah anak yang terkena penyakit meningkat. Hal ini diungkapkan dr Andi Hutarius, dokter umum di RSUD Raden Mataher Jambi. Menurut dia, beberapa penyakit yang menyerang anak-anak diantaranya demam, radang tenggorokan, batuk pilek dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Saat pancaroba, perubahan cuaca terlalu ekstrim, dari musim kemarau ke musim hujan. Udara yang semula panas-kering, tiba-tiba menjadi dingin-lembap. Hal ini mengakibatkan penyakit berupa bakteri dan virus mudah berkembang biak,”ungkap dr Andi kepada Jambi Ekspres (Grup JPNN).

Mengapa anak-anak yang mudah terserang penyakit ", ditanya seperti itu Andi mengatakan bahwa anak-anak yang memiliki imun rendah akan mudah terjangkit penyakit. “Jika imun anak lemah saat pancaroba, maka penyakit-penyakit mudah sekali menyerang,”sebut dr Andi lagi.

Sebagai dokter umum di RSUD Raden Mataher, menurut dr Andi, dalam beberapa pekan terakhir, terjadi lonjakan pasien terutama anak-anak.“Pasien yang masuk melalui UGD, terutama anak-anak, meningkat dalam beberapa pekan ini, setidaknya dalam satu hari, ada 3 sampai 5 pasien,”terangnya.

Lebih jauh dr Andi menyarankan, agar masyarakat bisa lebih waspada dan menjaga kondisi kesehatannya agar tidak mudah terserang penyakit.“Jaga kebersihan dan mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu cara untuk mengurangi potensi terserang penyakit,”tukasnya.(wne)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar