Kulit Berkaitan dengan Psikologis

Kulit Berkaitan dengan Psikologis
Kulit Berkaitan dengan Psikologis
MERAWAT kulit sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena cukup dijaga kelembabannya agar tetap segar. Tapi, juga susah karena bisa muncul banyak masalah jika keliru saat merawat.

Hal tersebut menarik perhatian dr Gloria Novelita SpKK. Menurut dia, kulit sangat berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Misalnya, saat kulit berjerawat, seseorang bisa minder. ""Selain pengetahuan medis, pemahaman perlu diberikan ke pasien agar tidak stres,"" tuturnya.

Kulit merupakan bagian yang melapisi tubuh. Karena itu, perawatan kulit harus benar-benar diperhatikan. Perempuan berusia 33 tahun tersebut juga memberikan perhatian yang besar pada kusta. Sebab, penderita kusta masih kerap mendapat stigma yang negatif.

Kusta dianggap sebagai sesuatu yang mengerikan. Meski banyak penderita kusta yang sembuh dan tidak mengancam jiwa, penyakit itu bisa menyebabkan kecacatan karena amputasi tangan atau kaki. ""Ini yang jadi pekerjaan rumah kita,"" jelasnya. (puj/nar/c18/tia)

MERAWAT kulit sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena cukup dijaga kelembabannya agar tetap segar. Tapi, juga susah karena bisa muncul banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News