Uruguay Siap Legalkan Ganja

Uruguay Siap Legalkan Ganja
Uruguay Siap Legalkan Ganja

MONTEVIDEO – Selangkah lagi, Uruguay bakal menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan produksi dan distribusi ganja atau marijuana alias Cannabis. Kamis (1/8) majelis rendah republik di sisi tenggara Amerika Selatan tersebut meloloskan proposal pemerintah soal legalisasi ganja.

 

Setelah lolos di tingkat majelis rendah alias DPR, kini Presiden Jose Mujica tinggal menunggu keputusan majelis tinggi atau senat. Jika senat pun mendukung rencana pemerintah untuk mengendalikan perdagangan marijuana, Uruguay akan menjadi negara perintis legalisasi ganja. Pemerintah yakin bahwa legalisasi ganja merupakan jurus terampuh untuk menghentikan pertumpahan darah dalam razia antinarkoba.

 

’’Dengan meloloskan regulasi tersebut, tidak berarti kami mempromosikan penggunaan ganja untuk masyarakat,’’ kata Sebastian Sabini, salah seorang anggota parlemen.

 

Sebab, lanjut dia, sebelum legislator merancang aturan soal legalisasi ganja itu, sudah banyak masyarakat Uruguay yang mengonsumsi marijuana tersebut. Karena itu, pemerintah sengaja mengajukan proposal kontroversial soal ganja itu Juni lalu.

 

MONTEVIDEO – Selangkah lagi, Uruguay bakal menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan produksi dan distribusi ganja atau marijuana alias

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News