Mahasiswa Tuntut Hakim Banding Transparan

Mahasiswa Tuntut Hakim Banding Transparan
Mahasiswa Tuntut Hakim Banding Transparan

jpnn.com - JAKARTA - Puluhan mahasiswa yang tergabung kedalam Forum Mahasiswa Peduli Internet (FMPI), menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Pengadilan Tinggi Jakarta (PT) dan Komisi Yudisial (KY), Jumat (30/8).  Mereka menuntut pemeriksaan banding kasus kerjasama Indosat-IM2 transparan.

Para mahasiswa, menggelar aksi teaterikal dengan memerankan adegan persidangan Indosat-IM2 dan menampilkan tokoh para hakim dengan mengucapkan dialog-dialog yang berisi sindirian. Beberapa mahasiswa yang lain merentangkan spanduk sambil berorasi.

"Kami ingin ada transparansi pemeriksaan banding hakim pengadilan tinggi dengan cara menggelar sidang terbuka, agar semua masyarakat menyaksikan kembali proses pemeriksaan," ungkap Akbar, Ketua Presidium FMPI.

Akbar mengakui, kebiasaan persidangan banding selama ini memang digelar tertutup. Namun, karena pemeriksaan kasus Indosat-IM2 banyak kejanggalan, hakim PT harus lebih responsif. Pasalnya, pada persidangan tingkat pertama, hakim sama sekali tidak mendengar keterangan saksi dan ahli yang dihadirkan.

Selain menuntut sidang terbuka, mahasiswa juga menutut KY mengusut dugaan pelanggaran etika para hakim Tipikor yang memeriksa kasus ini. Pelanggaran tersebut yakni, tidur saat bersidang, berbicara pelan saat baca putusan, dan salah menyebut para pihak.

"Akibatnya, saat itu sejumlah pengunjung sidang berbeda pendapat soal vonis dan ganti rugi yang harus dibayarkan Indosat dan IM2, karena itu kami minta kepada Komisi Yudisial untuk menindak tegas majelis hakim Tipikor atas pelanggaran kode etik dalam persidangan.” ungkapnya.

Akbar menambahkan, dukungan mahasiswa terhadap Indosat-IM2 semata karena putusan bersalah hakim Tipikor atas mantan Direktur Utama IM2, Indar Atmanto pada Juli lalu mengancam investasi sektor telekomunikasi karena ketidak pastian hukum.

“Dengan terganggunya investasi sektor telekomunikasi, tentunya akan mengganggu layanan masyarakat seperti internet,” ungkapnya.

JAKARTA - Puluhan mahasiswa yang tergabung kedalam Forum Mahasiswa Peduli Internet (FMPI), menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Pengadilan Tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News