Konsistensi Nur Pamudji Bersihkan PLN Berbuah Bung Hatta Award

Konsistensi Nur Pamudji Bersihkan PLN Berbuah Bung Hatta Award
Konsistensi Nur Pamudji Bersihkan PLN Berbuah Bung Hatta Award

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Juri Anugerah Bung Hatta Anti Corruption Award (BHAC) 2013, Betti Alisjahbana, menilai integritas Direktur Utama PLN Nur Pamudji dalam upaya pemberantasan korupsi tidak terbantahkan lagi. Betti menyebut Nur Pamudji secara konsisten membuat terobosan untuk menjaga PLN bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Pak Nur punya komitmen sangat kuat untuk memberantas korupsi. Beliau juga melakukan upaya sistematis untuk menciptakan budaya bersih di PLN," kata Betti dalam konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (16/10).

Hal ini, lanjut Betti, tercermin melalui program "PLN Bersih" yang digagas Nur. Program tersebut bertujuan untuk memastikan terciptanya Good Clean Government khususnya dalam proses pengadaan dan pelayanan publik di PLN.

Di bawah kepemimpinan Nur Pamudji, PLN juga menetapkan empat pilar utama, yaitu partisipasi, integritas, transparansi, dan akuntabilitas. Hal ini diwujudkan melalui mekanisme pengaduan masyarakat, whistle blowing system dan pengelolaan gratifikasi.

Dalam rangka memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk melawan korupsi, Nur Pamudji juga dinilai telah banyak berbuat. Di antaranya dengan berbicara mengenai "PLN Bersih" di forum-forum internasional seperti ASEAN dan APEC.

"Beliau bersama KPK juga menerbitkan buku berjudul Saatnya Hati Bicara, yang berisi kumpulan pengalaman pegawai PLN melawan korupsi dan suap. Buku ini dibuat untuk menularkan semangat PLN yang bersih dan melayani," papar Betti.

Lebih lanjut Betti mengatakan, kebijakan-kebijakan Nur Pamudji telah sukses meneruskan reformasi di tubuh PLN yang dimulai oleh pendahulunya, Dahlan Iskan yang kini menjadi Menteri BUMN Dahlan Iskan. "Saat Dahlan Iskan masuk banyak perubahan dilakukan. Yang mendasar di antaranya adalah mengubah budaya perusahaan dengan membuat pakta integritas dan pedoman perilaku," tandas Betti.

Seperti diketahui, Nur Pamudji menjadi salah satu penerima Anugerah Bung Hatta Anti Corruption Award 2013. Selain dia, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama juga menjadi penerima penghargaan yang sama. (dil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Dewan Juri Anugerah Bung Hatta Anti Corruption Award (BHAC) 2013, Betti Alisjahbana, menilai integritas Direktur Utama PLN Nur Pamudji


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News