Ada Kelinci di Telinga Mandela, Warga Afsel Berang

Ada Kelinci di Telinga Mandela, Warga Afsel Berang
Kelinci di telinga patung Nelson Mandela. Getty Images

jpnn.com - PRETORIA — Sebuah patung mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela kini menghiasi Union Building, Pretoria, Afsel. Patung perunggu setinggi 30 kaki (9,1 meter) diklaim sebagai patung Mandela tertinggi yang ada di dunia saat ini.

Hanya saja belakangan pemerintah dan warga Afsel berang kepada  dua seniman yang berjasa membuat patung penghormatan terhadap tokoh hak asasi manusia itu.

Pasalnya di lubang telinga Mandela, pematung membuat sebuah patung kelinci. Patung mamalia dalam posisi duduk dengan satu  daun telinga menekuk. Patung kelinci tersebut dirasa tidak pantas berada di sana. Apalagi di telinga patung seorang  tokoh besar sekelas Mandela.

‘’(Kelinci) Itu tidak boleh berada disana,’’ ujar juru bicara Departemen Seni dan Kebudayaan, Afsel, Mogomotsi Mogodiri seperti dikutip laman Daily Mail, Rabu (22/1).

‘’Patung tersebut melambangkan apa yang dibanggakan  oleh semua orang Afrika Selatan,’’ tambahnya.

Dali Tambo, CEO dari  Koketso Growth perusahaan yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola situs bersejarah ini juga tak kalah berangnya mendapati ‘’noda’’ di patung kebanggaan Afsel tersebut.

‘’Patung ini bukan hanya patung seorang  manusia, ini adalah patung perjuangan dan orang yang paling dihormati dalam sejarah manusia,’’ ujar putra Oliver Tambo, kawan Mandela dalam menentang Apartheid ini.

Patung ini sendiri dibuat oleh dua seniman Andre Prinsloo dan Ruhan Janse van Vuuren.  Menggambarkan Mandela dalam posisi  berdiri melangkah. Wajahnya tersenyum seperti biasa dengan tangan membuka seperti hendak merangkul banyak orang.

PRETORIA — Sebuah patung mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela kini menghiasi Union Building, Pretoria, Afsel. Patung perunggu setinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News