Sepeda Kargo Tenaga Matahari

Sepeda Kargo Tenaga Matahari
Sepeda kargo NTS SunCycle produksi NTS Works. FOTO: getty images
SEPEDA elektrik diklaim sebagai sarana transportasi yang paling ramah lingkungan karena nol emisi. Karena itu, teknologi yang dikembangkan untuk menunjang sepeda listrik juga terus berkembang.

Salah satu yang terbaru adalah sepeda kargo NTS SunCycle produksi NTS Works. Sepeda ini termasuk jenis pedelec, yakni harus digowes untuk mengaktifkan sensor gerak elektriknya. Namun, listrik penggerak NTS SunCycle bukan dari baterai, tapi dari energi surya yang "dipanen" dengan solar panel yang ditempatkan di bagian atas kotak kargonya.

Panel tersebut memiliki daya 60 watt. Daya sebesar itu membuat bobot sepeda bertambah sekitar 907 gram, membuatnya total 31 kg. Untuk mendapatkan tenaga listrik, sepeda harus di-charge di tengah paparan sinar mentari sepanjang delapan jam. Namun, jika waktu tersebut dirasa terlalu panjang, cyclist bisa mengisi listrik dengan colokan listrik biasa.

Jarak tempuh tenaga listrik sepeda ini mencapai 40 km dengan dukungan baterai lithium-ion bertegangan 36 volt. Motor listrik diletakkan di hub depan dengan tenaga 250 watt. 

Berapa harganya? Perusahaan AS itu membanderolnya USD 3.900 atau setara Rp 45 juta. Namun, produk ini belum beredar di toko-toko. Sebab, NTS SunCycle baru diluncurkan Mei mendatang. (aga/c10/fat) 


SEPEDA elektrik diklaim sebagai sarana transportasi yang paling ramah lingkungan karena nol emisi. Karena itu, teknologi yang dikembangkan untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News