Wisata Angkasa Tinggal Selangkah

Uji Coba Sudah Capai Stratosfer

Wisata Angkasa Tinggal Selangkah
Foto: virgingalactic.com

jpnn.com - CALIFORNIA - Impian besar Sir Richard Branson selangkah lagi menjadi kenyataan. SpaceShipTwo (SS2), pesawat antariksa milik perusahaan Branson, Virgin Galactic, berhasil menjalani uji coba penerbangan supersonik ketiga SS2 mampu mencapai ketinggian 71 ribu kaki atau sekitar 21 kilometer di atas permukaan laut.

Sebelum tinggal landas, SS2 dibopong White Kni1ght Two, pesawat pengangkut, sampai ketinggian 46 ribu kaki atau sekitar 14 kilometer. Setelah mencapai posisi yang diinginkan, SS2 menggunakan motor roket untuk mencapai titik ketinggian maksi­mum.

Ketinggian 21 kilometer merupakan posisi stratosfer. Itu berarti SS2 sukses melewati troposfer di ketinggian 17 kilometer di atas permukaan laut. Setelah sukses mencapai stratosfer, SpaceShipTwo dan dua kru yang mengemudikannya meluncur kembali ke tempat pendaratannya di Mojave, sebuah kawasan gurun pasir di utara Los Angeles, California.

“Awal tahun ini tidak bisa lebih indah karena kami mencapai titik terang untuk penerbangan penuh ke luar angkasa. Tahun 2014 akan menjadi momen kami bisa menerbangkan pesawat kami yang indah ke habitatnya, yaitu luar angkasa,” tutur Branson.

Virgin Galactic menyatakan, uji coba penerbangan yang memakan waktu 10 menit tersebut menandai kemajuan perusahaan dalam mencapai target. Yakni, mengantarkan penumpang berdompet tebal ke ruang angkasa.

Sampai saat ini, belum ada kepastian kapan penerbangan komersial perdana ke ruang angkasa dimulai. Meski begitu, sudah hampir 700 penumpang antre dan membayar di muka untuk berkesempatan melihat bulatnya bumi dan gelapnya luar angkasa. Beberapa nama beken masuk daftar antre. Misalnya, Katy Perry, Justin Bieber, dan Ashton Kutcher.

Untuk sensasi yang diperkirakan hanya selama 6 menit tersebut, harga tiket ditetapkan cukup fantastis, yakni USD 250 ribu atau sekitar Rp 3 miliar. ''Roma tidak dibangun dalam sehari. Menerbangkan penumpang ke luar angkasa agak sedikit kompleks. Tapi, kami terus mencapai kemajuan,'' tegas Branson menyemangati tim dan para pembeli tiket.(Ngs/Rtr/c5/kim)


Proses Perjalanan Virgin Galactic:

CALIFORNIA - Impian besar Sir Richard Branson selangkah lagi menjadi kenyataan. SpaceShipTwo (SS2), pesawat antariksa milik perusahaan Branson, Virgin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News