Gaet NASA, Facebook Rancang Drone Internet

Gaet NASA, Facebook Rancang Drone Internet
Facebook rancang pemancar sinyal internet. Getty Images

jpnn.com - SAN FRANCISCO - Facebook mengikuti langkah Amazon dan Google membuat pesawat tak berawak atau drone yang memiliki kemampuan memancarkan sinyal internet. Drone tersebut nantinya akan ditempatkan di negara-negara yang selama ini minim akses internet.

Untuk mewujudkan proyek yang diberi nama "Connectivity Lab," perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu telah menggaet Laboratorium Jet Propulsion NASA serta Ames Research Center yang dikenal ahli dalam bidang teknologi komunikasi bergerak.

"Proyek Facebook Connectivity Lab akan memberikan akses internet ke semua orang," ucap CEO Facebook Mark Zuckerberg seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/3).

Ditambahkan, proyek ini tak hanya mengandalkan teknologi drone tapi juga satelit hingga laser.

Hanya saja, Zuckerberg tak menyebut jadwal waktu pengerjaan hingga penyelesaian proyek. Namun diharapkan proyek tersebut mampu membuka isolasi akses internet yang hingga kini masih dialami jutaan penduduk Afrika dan sebagian Asia.

Dengan begitu internet lebih mudah diakses sekaligus berharga murah. Zuckerberg membayangkan, kelak banyak armada drone bertenaga surya bertebaran di segala penjuru dunia. Dibantu satelit geosynchronus, drone tersebut terbang rendah di orbit bumi memberikan akses internet. (pra/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Pasar Tablet Terus Meroket

SAN FRANCISCO - Facebook mengikuti langkah Amazon dan Google membuat pesawat tak berawak atau drone yang memiliki kemampuan memancarkan sinyal internet.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News