Prabowo-Hatta Terjadi, Mampu Kalahkan Jokowi

Prabowo-Hatta Terjadi, Mampu Kalahkan Jokowi
Prabowo-Hatta Terjadi, Mampu Kalahkan Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari The Habibie Center, Bawono Kumoro menilai, figur Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Radjasa potensial jadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi capres Prabowo Subianto. Kalau itu terjadi, menurut Bawono, terbuka peluang bagi Prabowo-Hatta memenangkan pilpres nanti.

 

"Saya kira, kompetitor utama Jokowi, tentu Prabowo. Menurut hasil survei, elektabilitas Prabowo di posisi kedua setelah Jokowi. Kebetulan Gerindra bersama PDI Perjuangan masuk 3 besar pileg berdasarkan hitungan cepat. Jadi, pesaing utama Jokowi, ya, Prabowo. Tinggal sekarang ini, Prabowo mencari pasangan yang sesuai yang bisa melengkapi satu sama lain untuk meraih suara dalam pilpres nanti," kata Bawono di Jakarta, Kamis (17/4).

Menurutnya, pertarungan politik di pilpres nanti sangat ketat. Karena itu, capres harus mengambil cawapres yang benar-benar berkompeten. "Kalau melihat statemen petinggi Gerindra, memang ada beberapa tokoh yang digadang-gadang bakalan mendampingi Prabowo. Sebut saja Hatta Rajasa, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD," ujarnya.

Tetapi dari ketiga nama tersebut, tegas Bawono, Hatta Rajasa sangat potensial. Rekam jejaknya sudah teruji. Karena itu, Prabowo harus cermat memilih calon wakilnya untuk mengimbangi popularitas Jokowi.

Prabowo lanjutnya, harus memilih cawapres yang memiliki kemampuan untuk penguatan Prabowo. "Kita tahu, Prabowo memiliki pengalaman panjang di bidang militer dan keamanan. Tetapi, dia minim di manajemen birokrasi pemerintahan. Tentu dia harus memilih tokoh yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang manajemen pemerintahan," sarannya.

Selain itu, kata Bawono lagi, Cawapres pendamping Prabowo harus diambil dari tokoh parpol yang memiliki suara signifikan dalam pileg serta memiliki basis politik yang cukup kuat. "Dari semua kandidat cawapres pendamping Prabowo, nama Hatta lebih unggul sehingga sangat tepat jika disandingkan dengannya," katanya.

Apalagi ujar Bawono, pengalaman birokrasi Hatta sangat luar biasa. Hatta terpilih menjadi menteri sejak pemerintahan Megawati hingga SBY. Kombinasi Prabowo-Hatta ini kata dia, diyakini mampu menyaingi popularitas Jokowi dan cawapresnya.

JAKARTA - Pengamat politik dari The Habibie Center, Bawono Kumoro menilai, figur Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Radjasa potensial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News